Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hindari Beli Mobil Seken yang Pernah Terendam Banjir

Aditya Maulana - Jumat, 23 Oktober 2015 | 07:01 WIB

Jakarta, Otomania – Ketika berniat membeli mobil bekas/seken (mobkas) jangan langsung tergiur dengan mulusnya tampilan eksterior. Banyak hal yang harus diperhatikan, karena jika tidak teliti akan mendapatkan mobkas dengan kualitas buruk. Maka dari itu ada baiknya Anda melakukan pengecekan terlebih dulu.

Salah satu hal yang harus dilakukan yakni mengecek mobil tersebut pernah terendam banjir atau tidak. Jika sempat terkena banjir, mobil tersebut akan mengalami banyak masalah dan pastinya bisa merepotkan diri sendiri.

Menurut Regional Manager Mobil88 Arsyah, ada beberapa cara untuk mengetahui mobil tersebut pernah terendam banjir atau tidak. Hal ini juga sering dilakukan Arsyah ketika di Mobil88 kedatangan mobil yang baru dibeli dari tangan konsumen.

Pertama, bisa dilakukan pengecekan di bawah jok. Jika pernah terkena banjir pasti busanya akan berubah warna. Pasti warnanya berbeda dengan busa pada umumnya.

Kedua, bisa dilihat dari sasisnya berkarat atau tidak, tapi tidak semua logam berkarat karena bekas terendam banjir, bisa juga ketika mencuci mobil petugasnya pernah lupa mengeringkan atau cara pengeringannya salah.

Terakhir, patut dicurigai jika tercium bau yang tidak sedap di kabin. Karena kalau mobil pernah terendam banjir akan timbul bau tidak sedap. Jadi, sebaiknya di cium dan dicek sampai ke bawah jok. Karena baunya seperti kain yang tidak kering sempurna atau lebih tepatnya bau sembab, apalagi ketika pakai AC pasti pusing.

“Sebenarnya cara mengecek mobil ini pernah terkena banjir atau tidak sangat mudah ketimbang memeriksa mobil ini yang pernah tabrakan atau lain sebagainya,” ujar pria yang sudah 23 tahun bekerja di bidang otomotif ini kepada Otomania di Jakarta, Kamis (22/10/2015).

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa