Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Detail dan Fungsi Subwoofer

Stanly Ravel - Jumat, 16 Oktober 2015 | 17:12 WIB

Jakarta, Otomania - Perkembangan dunia audio tak kalah cepat dengan perkembangan teknologi pada mobil. Sayanganya, banyak yang belum mengerti fungsi dan beda antara speaker dan subwoofer yang menjadi salah satu komponen penting dalam instalasi audio.

Secara bentuk speaker dan subwoofer memang memiliki desain yang serupa, tapi secara fungsi jelas berbeda. Ada tiga tipe jenis spekaer yang dibedakan secara hasil suara, woofer untuk output suara rendah, midrange untuk output suara nada menengah dan twitter sebagai suara nada tinggi .

Speaker menjadi media untuk mereproduksi suara dari daya listrik. Sedangkan subwoofer sendiri meruapakan sistem speaker bass yang bisa menghasilkan frekuensi lebih rendah.

"Fungsi utama subwoofer untuk memproduksi frekuensi suara mulai dari 10hz hingga 200hz. Dalam cakupan frekuensi suara yang lengkap terutama untuk musikalitas yang baik," ujap Eddie Susanto dari Cartens AutoSound kepada Otomania, (16/10/2015).

Menuturnya, musikalitas yang baik memiliki cakupan rentan frekuensi lengkap dari 20hz-29khz. Dengan kata sub sendiri berarti memiliki spesifikasi yang lebih detail dan mampu menangani nada di bawah bass.

Intinya subwoofer sendiri berfungsi untuk menangkap dan menghasilkan nada-nada rendah di bawah speaker biasa. Hasil suaranya pun cenderung lebih lebih lembut dibandingkan speaker biasa atau woofer sekalipun.

"Cara mudah membedakan mana speaker dan subwoofer dari dimensinya. Untuk subwoofer ukuranya mulai dari 8 inci sampai 21 inci," ucapnya.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa