Ragam "Head Unit" Bekas di Pasar Tampur

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 13 Oktober 2015 | 16:27 WIB

 

Jakarta, Otomania – Salah satu faktor penunjang kenyamanan di dalam kabin mobil adalah sistem audio. Fungsi kelengkapan ini bisanya menjadi andalan hiburan pengemudi atau penumpang, mulai dari mendengarkan radio, koleksi arsip musik digital, atau mengandalkan konektivitas Bluetooth.

Nah, kerap sistem audio yang dibekali mobil masih dianggap standar dan biasanya pemilik kendaraan berniat melakukan upgrade. Bicara membeli audio mobil, butuh dana yang tidak sedikit, di sini kemudian celah produk-produk "second hand" masuk. Menjadi alternatif pilihan bagi mereka yang punya dana terbatas tapi mengejar kualitas.

Potensi konsumen ini dimanfaatkan bursa audio bekas di Pasar Taman Puring (Tampur) Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Di sini, banyak pilihan head unit dengan berbagai merek, jenis dan format yang bisa jadi pilihan.

Yudi, pemilik toko Yoga Car Audio mengatakan, head unit memiliki komposisi peran yang yang cukup besar, untuk membuat kualitas suara audio kabin mobil enak didengar. Apalagi jika menggunakan produk orisinil, akan semakin menggelegar pastinya. Kemudian baru diikuti dengan penggantian komponen lain.

Head unit bisa dikatakan memiliki peran 50 persen untuk kualitas audio mobil, walaupun pada dasarnya semua komponen saling membutuhkan.  Jadi pembelian produk ini bisa jadi prioritas disamping komponen lainnya. Tapi kembali lagi, semuanya disesuaikan dengan keinginan dan selera konsumen,” ujar Yudi, Senin (12/10/2015).

Harga head unit bekas yang dibanderol paling murah, yaitu dengan merek JVC seri 905 Rp 1,9 juta. Sedangkan untuk yang lumayan lebih tinggi harganya yaitu Pioneer seri 6850 Rp 3,5 juta. Masih banyak lagi merek lain yang harganya juga beragam, seperti Sony, Kenwood, dan Alpine.

“Harga head unit juga dipengaruhi oleh format media player yang disematkan padanya. Apa dia bisa digunakan untuk semua format file atau tidak. Dari sinilah harga  juga bisa berbeda, ada yang lengkap, namun ada juga yang hanya beberapa format file saja yang bisa diputar,” ujar Yudi.

Tidak hanya di toko Yoga Car, masih cukup banyak toko-toko lainnya yang juga menjual komponen head unit, baru maupun bekas. Dengan itu konsumen bisa jadi banyak pilihan, entah terkait dengan kualitas barang, maupun harganya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Agung Kurniawan

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa