Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Alat Diagnosa Canggih Milik Piaggio

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 22 September 2015 | 16:08 WIB

Jakarta, Otomania –
Era kendaraan toda dua dengan bekal komponen elektronik dan komputerisasi, sudah semakin meninggalkan bengkel yang berlumuran oli di lantai. Saat ini, untuk mendeteksi kerusakan mesin kendaraan hanya tinggal melihat lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp).

Rakhmat Cahyo Pratomo, Aftersales Director PT Piaggio Indonesia mengatakan, teknologi canggih tersebut juga dimiliki oleh produk skutik modern Vespa Piaggio. Jika sudah terlihat lampu engine check pada panel indikator, bisa dikatakan ada masalah pada mesin dan segera lakukan pengecekan langsung ke diler resmi.

“Karena kita tidak bisa menebak-nebak di mana kerusakannya. Maka dari itu bawa kendaraan langsung ke diler Vespa resmi untuk di cek dengan sistem komputerisasi, dan hanya di diler resmi program diagnosa tersebut ada,” ujar Rahkmat kepada Otomania, Senin (21/9/2015).

Rakhmat menambahkan, komponen yang digunakan diler untuk mengecek posisi kerusakan pada Vespa yaitu Piaggio Advance Diagnosis System (PADS). Jadi, kata Rakhmat, jika memang ada kendala dengan skutik Vespa, langsung datang ke diler resmi, untuk bisa diagnosa lebih lanjut.

“Hanya tinggal colok dan dilihat parameternya melalui komputer, dan akan terdeteksi dengan cepat kerusakan. Kalau di bengkel biasa dan hanya menerka-nerka maka akan sangat banyak kemunkinannya dan akan sulit dtemukan secara manual,” ujar Rakhmat.

Jadi, kata Rakhmat, sebaiknya jika ada kendala yang dirasakan pada sepeda motor, atau lampu indikator yang sudah mulai menyala, baiknya langsung periksakan ke bengkel resmi. Hal tersebut dimaksudkan agar kerusakan bisa cepat terdeteksi dengan PADS milik Piaggio.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa