Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ibu-ibu, Yuk Ajak Anaknya Pakai Helm

Aditya Maulana - Selasa, 22 September 2015 | 10:30 WIB

Jakarta, Otomania – Helm memiliki peran penting karena bisa melindungi kepala seseorang dari benturan. Seperti saat berkendara sepeda motor, Anda diwajibkan menggunakan alat pelindung kepala, agar ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, masih bisa terlindungi. Tapi, kesadaran masyarakat masih sangat minim, padahal dampaknya cukup fatal.

Edo Rusyanto, Ketua Badan Pengawas RSA saat berbincang dengan Otomania membeberkan cara sederhana mensosialisasikan menggunakan helm kepada anak kecil. Intinya, peran orang tua begitu penting, jika tidak, bocah itu akan seterusnya tidak ingin menggunakan alat pelindung kepala.

“Contoh sederhananya ajarkan tentang risiko, jika sudah bisa bernalar maka informasikan fungsi dari helm itu sendiri. Misalnya, bahaya tidak menggunakan helm kepala akan sakit karena terkeda benturan aspal dan cara lainnya,” kata Edo.

Edo melanjutkan, garda terdepan dalam keselamatan keluarga adalah keluarga dan yang paling depannya lagi adalah peran serta ibu, karena sekali wanita itu memberikan contoh yang tidak benar, misalnya tidak menggunakan helm, maka akan diikuti seterusnya oleh orang anaknya.

“Anak-anak bisa berprilaku baik kalau ada bimbingan dari seorang ibu. Jangan salah kontribusi anak-anak terhadap kecelakaan trennya melonjak jika dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya,” ucap Edo.

Saat ini pengendara sepeda motor sudah tidak lagi didominasi oleh kaum pria. Wanita, bahkan ibu-ibu sudah banyak menggunakan sepeda motor untuk beraktivitas. Sayangnya, banyak yang belum sadar dengan peraturan lalu-lintas seperti menggunakan helm, walaupun hanya berkendara jarak pendek. Kebiasaan ini bisa menular kepada anak yang meniru perilaku orang terdekat.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa