Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Adu Ganteng New Satria FU dan New Sonic 150R

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 22 September 2015 | 07:43 WIB
Jakarta, Otomania – Suzuki Satria FU sebagai penguasa tunggal pasar sepeda motor bebek sport (ayam jago) mulai terusik, dengan kedatangan produk New Honda Sonic 150R. Dengan tampilan yang hampir serupa dengan Satria, Sonic hadir buat menantang Satria FU.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), data bulan Agustus, Honda Sonic yang baru hadir pada Rabu (5/8/2015) sudah berhasil menjual 8.420 unit, sedangkan Suzuki Satria FU laku 8.692 unit, masih unggul dengan selisih 272 unit.

Saat dicoba berkendara di jalan, mampir di lokasi pengisian bensin, berhenti di  lampu merah, masyarakat yang melihat, masih mengira Sonic sebagai Satria. Tidak disalahkan, karena memang yang selama ini beredar di jalan, dengan bentuk fisik khas ayam jago hanya Suzuki Satria saja.

Tampilan

Memang, ketika dilihat data resmi Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dimensi keduanya tidak jauh berbeda. Satria memiliki panjang 1.945 mm  dan lebar 652 mm, sedangkan Sonic panjang 1.941 mm dan lebar 669 mm. Satria lebih panjang 4 mm, sementara Sonic lebih lebar 28 mm.

Dari tampang sendiri, Sonic memiliki garis desain lampu depan yang tegas dan tajam, serta dibekali penerangan berjenis LED. Sementara Satria sendiri punya bentuk lampu depan lebih lembut dengan kombinasi sedikit garis tajam dan lengkungan pada bagian “jambul”, serta masih mempertahankan model lampu dengan pencahayaan berwarna kuning.

Bentuk jok juga jelas berbeda, Satria memiliki jok yang sedikit ramping dengan lekukan landai antara bangku penumpang dan pengemudi. Sementara Sonic dibekali jok lebih lebar dan dengan garis lengkungan yang berkarakter.

Fitur

Meski sama-sama bermesin 4-katup DOHC (Double Over Head Chamshaft) dengan enam percepatan, keduanya memiliki perbedaan dari teknologi asupan bahan bakar. Satria sendiri masih menggunakan karburator sedangkan Sonic sudah bersistem injeksi. Meski masih karburator, Satria lolos emisi Euro III, dengan sedikit melakukan ubahan pada piranti muffler  (knalpot).

Kedua sepeda motor ini sama-sama dibekali dengan Safety Shutter Key  untuk memberikan keamanan pada sepeda motor. Demi kenyamanan berkendara dan mengantisipasi kebocoran ban saat di perjalanan, kedua produk ini dilengkapi dengan ban tubeless.

Sistem pegereman disk brake untuk ban depan dan belakang, juga sudah dimiliki Sonic dan Satria, yang membuat pengereman menjadi lebih maksimal.

Panel indikator New Sonic sudah seluruhnya bersistem digital, dan informasi yang diberikan cukup lengkap, seperti indikator bahan bakar real time, speedometer, informasi transmisi, dan takometer. Sedangkan Suzuki Satria hanya takometer yang masih analog, selebihnya digital. Namun, Satria tidak punya informasi mengenai posisi transmisi

Kesimpulan

Keduanya memang memiliki tampang yang tidak jauh berbeda dan ada kelebihan dan kekurangan di masing masing fiturnya. Sonic menawarkan sesuatu yang lebih segar, Satria punya desain yang sederhana namun tetap diterima konsumen.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa