Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Salah Kaprah Soal Alat Penambah Daya Motor

Ghulam Muhammad Nayazri - Senin, 21 September 2015 | 12:28 WIB

Jakarta, Otomania –Era sepeda motor injeksi mulai menggantikan sepeda motor dengan sistem bahan bakar karburator. Arus tersebut membuat praktisi-praktisi otomotif mulai berimprovisasi untuk menyesuaikan diri agar tidak ketinggalan zaman.

Salah satunya yaitu mencari cara untuk memaksimalkan potensi mesin, yang tidak lagi dilakukan secara manual dengan mengutak-atik kaburator. Pengguna motor injeksi tinggal menempelkan piranti berbasis komputer yaitu dengan memasang piggyback.

Hanya saja, Koko Adiyaksa, Manager bengkel spesialis sepeda motor sport 250 cc Sportisi Motorsport mengatakan, masih banyak masyarakat yang kurang tepat berpendapat mengenai piggyback salah satunya Power Commander. Kebanyakan dari mereka berpikir, kalau piranti ini digunakan untuk menaikkan tenaga sepeda motor, padahal tidak.

“Sebenarnya piranti ini berguna untuk memaksmalkan potensi yang ada pada sepeda motor, tambahan tenaga yang dikeluarkan mesin hanya bonus bila semua potensi sdah dimaksimalkan,” ujar Koko.

Koko mengatakan, piggyback juga berguna untuk menyeimbangkan atau memfasilitasi komponen tambahan. Misalnya knalpot, filter racing, atau dengan cara mem-porting polish dan bore up mesin.

“Misalnya kita pakai ubahan dengan menambah piranti yang berhubungan dengan bertambahnya power, nah untuk bisa menyempurnakan setelannya agar tidak terlau kering atau basah, kita bikin tepat dengan piggyback Power Commander, jadi keluarannya tepat, yang tadinya hanya 30 tk menjadi 32 tk,” ujar Koko.

Kemudian, tutur Koko, jika ubahan tersebut hanya bermodalkan Electronic Control Unit (ECU) standar tanpa menggunakan Power Commander, mapping bensin tersebut tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan, akibatnya akan kekurangan bensin. Jadi peningkatan powernya tidak akan memuaskan, dan inilah fungsi yang tepat dari piggyback untuk sepeda motor injeksi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa