Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pelihara Motor Sport, Perhatikan Ini

Ghulam Muhammad Nayazri - Minggu, 20 September 2015 | 11:02 WIB


Jakarta, Otomania –
Performa sepeda motor pasti mengalami penurunan, seiring dengan seringnya digunakan dan usia kendaraan tersebut. Beberapa komponen wajib diganti dan bagian di dalam mesinnya yang juga harus diperbaiki, serta disetel ulang.

Koko Adiyaksa, Manager bengkel spesialis sepeda motor sport Sportisi Motorsport mengatakan, setidaknya untuk sepeda motor 250 cc, seperti milik Kawasaki, Yamaha maupun Honda, yang sudah berusia tiga tahun harus mengalami servis besar.

“Usia sepeda motor yang sudah tiga tahun anggapannya pasti sudah sampai sekitar 20.000 km, jika memang cukup sering digunakan. Jadi bagian jeroan mesin (internal part) harus disetel ulang seperti klep dan beberapa komponen lain,” ujar Koko, Sabtu (19/9/2015).

Komponen selain klep, kata Koko, bisa dikatakan kuat, tergantung bagaimana cara pemilik melakukan perawatan dan bagaimana cara pemakaiannya.

Selain setel klep, lanjut Koko, yang sudah wajib ganti yaitu komponen fast moving, seperti kanvas-kanvas yang sudah aus, filter udara, disk brake, rantai, gear, busi dan beberapa komponen lain.  Jadi, kata Koko, siapkan dana sekitar Rp 500.000 sampai Rp 1 juta untuk bisa sedikit mengembalikan performanya.

“Untuk penggantian disk brake depan atau belakang tergantung pemakaian saja. Sebenarnya umurnya panjang, namun terkadang ada yang lupa untuk mengganti kanvas, atau bisa juga kualitas kanvasnya tidak bagus, jadi termakan sisi disk brake-nya,” ujar Koko.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa