Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ancaman Bahaya di Jalan Tol dengan Lalulintas Lancar

Ghulam Muhammad Nayazri - Jumat, 11 September 2015 | 15:43 WIB

Jakarta, Otomania -
Mengemudi di jalan tol dengan kondisi lalu lintas lancar memang sangat menyenangkan. Kendati demikian kewaspadaan tetap harus terjaga. Sebab, kondisi seperti cenderung membuat berkendara jadi bosan dan menimbulkan rasa kantuk, dan situasi ini tak jarang menyebabkan kecelakaan.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center mengatakan, kondisi tersebut kerap kali datang, ketika berkendara di jalan dengan suasana yang monoton. Maka dari itu harus diatasi dengan beberapa trik, agar situasi tersebut tidak berujung celaka.

"Setidaknya ada empat hal yang harus dilakukan ketika menghadapi jalan dengan gambaran seperti itu. Karena ketika  bosan dan akhirnya kantuk datang, kecelakaan sulit dihindari dan nyawa yang jadi taruhannya," ujar Marcell, Jumat (11/9/2015).

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengarkan musik yang disukai, tapi dianjurkan jangan dengan beat tidak terlalu cepat. Usahakan pilih lagu-lagu dengan tempo yang dinamis dan penuh nuansa semangat.

"Musik sendiri bisa mempengaruhi mood dan kondisi psikologis pengemudi. Jadi, pilih jenis musik yang pas untuk menemani berkendara agar tidak bosan," ujar Marcell.

Kedua, istirahat setiap 2 jam sekali jika perjalanan memakan waktu lebih dari waktu tersebut. Bila perlu lakukan power nap (tidur selama 15 menit) ketika istirahat.

Ketiga, gerakan mata setiap dua detik sekali dan melakukan inspeksi spion setiap 5 detik sampai 8 detik sekali. Sehingga mata tidak hanya berfokus pada satu titik yg bisa menyebabkan konsentrasi menurun. "Ini perilaku penting yang wajib dilakukan dan dibiasakan, agar mata tidak jenuh dan keselamatan berkendara terjaga," ujar Marcell.

Terakhir, tutur Marcell, lakukan peregangan otot saat menghadapi jalan tol dengan jarak yang cukup jauh. "Kegiatan tersebut membuat peredaran darah lancar, sehingga oksigen bisa sampai ke otak, sehingga saat mood berkendara sudah drop, akan segar kembali dan kantuk dapat dicegah," ucap Marcell.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa