Cara Sederhana Merawat Aki Vespa

Aditya Maulana - Jumat, 18 September 2015 | 08:22 WIB

Jakarta, Otomania – Aki adalah sumber tenaga dari komponen kelistrikan kendaraan, baik itu roda dua atau empat. Sering kali para pengguna sepeda motor atau mobil tidak melakukan perawatan, padahal caranya sangat sederhana dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Pada skuter Vespa misalnya, karena sebagian besar menggunakan aki maintenance free (kering), cara merawatnya pun sangat mudah.

Manto, pemilik bengkel Scooter Layur menjelaskan, perawatan aki pada Vespa tidak rumit. Karena dasarnya menggunakan aki kering, maka minimal setiap satu bulan sekali mengecek bagian kepalanya yang ada aliran plus dan minus. Jika kotor maka bersihkan menggunakan ampelas atau cairan khusus.

“Enaknya menggunakan aki kering seperti itu, jika kepalanya kotor kita cukup membersihkan saja, beda dengan aki basah, kita harus mengecek air yang ada di dalamnya, tapi Vespa kebanyakan menggunakan aki kering,” kata Manto saat ditemui Otomania di Jalan Layur, No.88, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (17/9/2015).

Lanjut Manto, jika skuternya itu jarang digunakan minimal lakukan memanaskan mesin setiap dua atau tiga hari sekali. Jika ditinggalkan dalam kurun waktu lama atau lebih dari satu pekan, maka lebih baik aki dilepas.

“Jika sudah seperti itu umur aki bisa sedikit lebih lama. Tapi memang rata-rata penggunaan aki sekitar satu atau 1,5 tahun,” ucap Manto.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa