Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

R1 dan R1M, Motor Yamaha “Terganas” Hadir di Indonesia

Erwin Hutapea - Minggu, 23 Agustus 2015 | 11:50 WIB


Tangerang, Otomania
 — Pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Sabtu (22/8/2015), Yamaha Indonesia menghadirkan model terbaru yang sangat bertenaga, yaitu YZF-R1, dan edisi spesialnya, YZF-R1M. Kehadiran R1 dengan konsep pengembangan baru terasa lebih bersinergi dengan teknologi MotoGP yang disokong Valentino Rossi.

Perubahan paling pokok di R1 ada pada perbaikan mesin, pengurangan berat, dan penambahan sejumlah fitur. R1 dijual dengan harga Rp 495 juta dengan dua pilihan warna, Race Blue dan Race Red. Sementara R1M dibanderol Rp 645 juta, dan hanya ada warna Silver Blue Carbon.

R1 tetap menggunakan mesin 998 cc seperti sebelumnya, tetapi ukuran bore diubah lebih tinggi menjadi 79 mm, sedangkan stroke diperkecil hingga 50,9 mm. Hasilnya, ruang bakar semakin besar. Seiring dengan itu, kompresi mesin juga semakin tinggi, menjadi 13:1, sebelumnya 12,7:1.


Tenaga puncak naik 18 PS ke 200 PS. Performa didukung bobot ringan, yaitu 199 kg buat R1 dan 200 kg untuk R1M. Fitur-fitur yang kini jadi standar yaitu Quick Shift System, Power Delivery Mode, Traction Control System, Slide Control System, Lift Control System, danLaunch Control System.

Vice President Director Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Dyonisius Betty mengatakan, hanya dengan uang tanda jadi Rp 10 juta, konsumen sudah bisa memesan unit R1 yang diimpor dari Jepang. "Tadinya saya pikir enggak laku karena harganya begitu mahal, tapi seperti penjelasan spesifikasi harganya layak. Uang tanda jadi akan kita tampung, kira-kira tiga bulan lagi barangnya datang," ujar Dyon.

Editor : Erwin Hutapea
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa