Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bedah Fitur Baru Daihatsu "Great New Xenia"

Ghulam Muhammad Nayazri - Kamis, 13 Agustus 2015 | 06:50 WIB

Jakarta, Otomania
– Great New Xenia yang baru diluncurkan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Jakarta, Rabu (12/8/2015), menawarkan sensasi baru. Menurut pihak perusahaan, setidaknya ada tiga poin penting yang menjadikan Great New Xenia berbeda dengan produk sebelumnya. Apa sajakah itu?

Pradipto Sugondo Executive Officer Research and Development ADM mengatakan, perubahan yang utama ada tiga, yaitu di bagian mesin, interior dan pada bagian eksterior. Ke depan, Indonesia akan memberlakukan emisi lebih ketat, seperti Euro III dan menuju Euro IV, sehingga generasi mesin terbaru Great Xenia sudah siap diajak lebih ramah lingkungan.

"Sedangkan penambahan fitur-fitur di bagian interior dan eksetrior akan memberikan kesan gagah dan nyaman bagi pemilik Great New Xenia,” ujar Pradipto kepada Otomania,Rabu (12/8/2015).

Mesin

Daihatsu masih kebagian bisa menikmati teknologi mesin Dual VVT-i yang terdapat pada mesin anyar berkode 1NR, berkapasitas 1.3L. Sedangkan untuk pilihan mesin 1.0 L, masih mempertahankan mesin lawas.

Lewat pembaharuan ini, jantung pacu diklaim mampu menghasilkan tenaga dan torsi yang lebh besar, namun di sisi lain konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Kemudian sistem pengaturan suplai bahan bakar dan udara pada intake emisi dan pada exhaust yang bisa disesuaikan secara optimal.

Chamshaft  intake maupun exhaust bisa menyesuaikan, maka dari itu disebut dengan Variable Valve Timing Inteligent. Jadi pada kubikasi yang sama akan menghasilkan power yang lebih besar dan karena itu berkendara menjadi lebih irit,” ujar Pradipto, menjelaskan.

Eksterior

Seluruh tipe Great New Xenia, dibekali dengan desain gril berukuran lebih besar, plus sentuhan aksen krom. Hasilnya, cukup mendongkrak kesan mewah Xenia di mata calon konsumen. Desain lampu baru dilengkapi multi reflector, dibuat seolah menyatu dengan gril. Lampu belakangnya, mencoba tampil beda lewat penempelan reflektor yang seolah menyatu dengan lampu rem belakang pada kedua sisi.

Khusus untuk varian termewah dan termahal, tipe R Sporty, penampilannya juga berbeda cukup siginfikan. Bagian depan sudah menggunakan New Front dan Rear Bumper Guard, selain itu ada tambahan fitur Day Running Light (DRL) yang melekat di kedua sisi bemper, serta pelek dengan New Alloy Wheel.

Beberapa sentuhan juga ditawarkan pada masing-masing tipe, sehingga terasa perbedaannya, meski cuma beda varian. Desain gril berlapis krom baru tersedia pada varian R dan R Sporty, misalnya. Juga ada Side Stone Guard (X Deluxe dan R Sporty), Window Chrome List (X, Deluxe dan R Sporty), Chrome Backdoor Garnish (R, R Sporty), dan Rear Spoiler with High Mount Stop Lamp (R Sporty, X Deluxe dan M Deluxe).

Interior

Dari sisi interior, sebenarnya secara kasat mata tidak terlalu banyak ubahannya ketimbang model lawas. Meskipun ada, tak terlalu terasa signifikan.

Misalnya, bentuk lingkar kemudi yang masih mirip dengan model lama, pola bahan lapisan jok, kotak pusat informasi (multi information display) di dasbor tersedia pada varian R dan R Sporty, dasbor dengan kelir baru (R Sporty), dan audio 2DIN (R Sporty). 

“Selain itu interior dengan nuansa baru kombinasi dua warna membuat tampilan menjadi mewah dan elegan,” ujar Pradipto.

Keamanan

Soal tambahan kelengkapan keamanan, sebenarnya tidak terlalu banyak berubah. Great New Xenia masih mengandalkan fitur dual SRS Airbag. Paling baru, dilengkapi denga sistem sensor anti jepit pada jendela (window jam protection).

Tambahan lain, semua varian kecuali D sudah dilengkapi sensor parkir. Tapi, khusus varian R Sporty dan X Deluxe sudah ada tambahan sensor tikung (corner censor), yang berada di kedua sudut depan kendaraan.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa