Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Lebih Dekat Teknologi VVT-i Toyota

Agung Kurniawan - Rabu, 12 Agustus 2015 | 14:49 WIB


Jakarta, Otomania - Selain ubahan desain yang cukup signifikan pada bagian depan, salah satu keunggulan Grand New Avanza adalan mesin yang digunakannya. Mobil "sejuta umat" dibekali mesin baru bertekologi dual VVT-i. Apa sih yang dimaksud dengan teknologi ini?

Toyota Indonesia, lewat situs resminya menjelaskan panjang-lebar menyangkut kelebihan teknologi ini. Mesin berteknologi VVT-i (Variable Valve Timing with intelligence) pada dasarnya, mengoptimalkan torsi mesin pada setiap kecepatan dan kondisi mengemudi. Lewat mekanisme ini, otomatis konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisein dan emisi lebih rendah.

VVT-i mempunyai cara kerja yang cukup sederhana. Untuk menghitung waktu buka tutup katup (valve timing) yang optimal, ECU (Electronic Control Unit) akan menyesuaikan dengan kecepatan mesin, volume udara masuk, posisi throttle (akselerasi) dan temperatur air.
Agar target valve timing senantiasa terwujud, sensor posisi crankshaft memberikan sinyal yang menjadi respon koreksi.

Sistem VVT-i ini akan mengoreksi valve timing atau jalur keluar masuk bahan bakar dan udara. Disesuaikan dengan pijakan pedal gas dan beban yang ditanggung untuk menghasilkan torsi optimal di tiap putaran dan beban mesin.

Keuntungan
Mesin dengan teknologi VVT-i menawarkan kelebihan tenaga lebih optimal, hemat bahan bakar, dan ramah lingkungan. Keuntungan lain, teknologi ini bisa membuat biaya pemeliharaan kendaraan jadi lebih minim, karena kegiatan tune-up atau penyetelan klep dan sebagainya, sudah tidak diperlukan lagi.

Namun demikian perawatan untuk kendaraan Anda harus tetap dilakukan dengan berkala. Jangan sembarangan memilih bengkel karena mesin ini memerlukan komputer diagnosa khusus yang hanya tersedia di bengkel resminya.

Teknologi VVT mulai digunakan Toyota sejak 1991, pada mesin 4A-GE, ada lima katup per silinder. Hampir semua produk Toyota kemudian beralih ke teknologi VVT-i mulai 1996, mempunyai variasi waktu katup asupan dengan menyesuaikan hubungan antara camshaft drive (belt, gunting- gear atau rantai) dan camshaft intake.

Varian dari sistem ini ada VVTL-i (Variable Valve Timing dan Lift-intelligence), Dual VVT-i, VVT-iE (Variable Valve Timing-intelligent), dan Valvematic oleh motor listrik

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa