Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Acuan Aman Memilih "Box" untuk Sepeda Motor

Stanly Ravel - Kamis, 6 Agustus 2015 | 10:29 WIB
Jakarta, Otomania - Minimnya ruang bagasi pada sepeda motor, membuat biker memilih menggunakan box tambahan. Upaya ini dilakukan untuk menampung keperluan serta perlengkapan berkendara, terlebih bagi motor-motor yang memang tidak punya bagasi di balik joknya.

Bicara box penyimpanan, banyak model dan tipe yang ditawarkan, ukuran dan dimensinya juga bisa dipilih tergantung selera. Tapi kecendrungan untuk memilih ukuran box yang sesuai dengan motor masih kurang.

Hal ini pun diutarakan oleh Herman Carnopy, Supervisor dari Motoritz di Jalan Mahakam, Bulungan, Jakarta Selatan. Herman mengatakan bahwa banyak biker yang hanya berpatokan pada sisi keperluannya saja, seperti memilih box dengan dimensi dan kapasitas liter yang besar dengan asumsi agar bisa menampung banyak barang tanpa memikirkan aspek estetika dan safety.

"Memakai box harus disesuaikan dengan jenis motornya. Terlalu besar bisa mengangu kestabilan motor, dan berbahaya karena menyebabkan pandangan kebelakang berkurang," ucap pria yang akrab di sapa Novy kepada Otomania, (5/8/2015).

Menurutnya, saat akan memasang box hal pertama yang harus dilakukan adalah memikirikan fungsinya, dari sini ukuran bisa disesuaikan. Saat memasang box hal utama yang wajib untuk diperhatikan adalah dimensi box tidak boleh lebih lebar dari dimensi setang kendaraan.

"Ini menyangkut soal safety. Kalau box terlalu panjang, otomatis akan menghalangi pandangan spion ke arah belakang alias blind spoot dan menyusahkan untuk bermanuver," ucap Novy.

Umumnya, lanjut Novy, untuk motor matik dan menggunakan kapasitas 26 sampai 35 liter masih aman, sedangkan untuk motor laki bisa lebih. Dan biasakan untuk tidak membawa barang terlalu berat, karena bisa mengurangi stabilitas sepeda motor. Kalau untuk GIVI biasanya kapasitas maksimal sampai 45 kl, lebih dari itu tidak disarankan.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa