Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Penantang R25, Ninja 250, dan CBR250R dari Suzuki

Agung Kurniawan - Kamis, 30 Juli 2015 | 09:05 WIB

Tokyo, Otomania — Sepeda motor sport berkapasitas 250 cc merupakan idaman bagi sebagian biker muda di Indonesia yang mayoritas masih menggunakan skutik atau bebek entry level. Sosoknya yang sporty, tenaganya yang kuat, dan tongkrongannya biasanya jadi daya tarik utama.

Di Indonesia, mayoritas produsen sepeda motor Jepang tengah membidik segmen sepeda motor sport 250 cc ini. Sebut saja Kawasaki, yang bisa dibilang sebagai penghuni pertama yang serius menggarap segmen ini lewat Ninja 250R sejak 2008. Potensi pasar yang perlahan, tetapi pasti naik, membuat produsen-produsen lain mulai mengikuti jejak tersebut. Honda resmi meluncurkan CBR250R di Indonesia mulai Februari 2011.

Terakhir, Yamaha menyusul lewat model terbarunya, R25, sejak Mei 2014 lalu. Hebatnya lagi, Indonesia ditunjuk oleh prinsipal Yamaha Jepang untuk menjadi basis produksi sepeda motor sport ini, yang kemudian diekspor ke seluruh dunia.

Kini, giliran satu merek lain yang sudah lama tidak terdengar tajinya di pasar otomotif Indonesia lantas mulai bersuara. Lewat informasi terkini dari majalah lokal Jepang, Young Machine, Suzuki disebut-sebut tengah menyiapkan produk baru, GSX-R250. Tak tanggung-tanggung, majalah bagi pehobi sepeda motor ini bahkan coba mengira-ngira sosok sepeda motor sport ini dengan membuat bentuk rekayasa. Hasilnya, sebuah GSX-R250 yang bersanding dengan GSX-R1000R menghiasi halaman depan edisi terbaru majalah ini.

Sontak, hadirnya sosok tersebut langsung menjadi perbincangan ramai para biker atau pencinta sepeda motor. Kehadiran sosok GSX-R250 ini sebenarnya masuk akal karena Suzuki selama ini hanya mengandalkan Inazuma atau GW 250 yang juga menggendong mesin berkapasitas 250 cc, tetapi berbeda secara desain dan kategori, yakni sport touring, bukan sport fairing seperti model-model yang sudah dibeberkan sebelumnya.

Memang, informasi yang muncul di halaman depan Young Machine kerap kontroversial. Namun, bocoran-bocoran yang disampaikan majalah ini biasanya benar. Bisa jadi, Suzuki memang menyiapkan pesaing Yamaha R25 atau Kawasaki Ninja 250 dengan line up ber-fairing.

Dalam foto di majalah, GSX-250R bersanding dengan GSX-R1000R, model flagship yang merupakan versi jalanan dari sepeda motor balap Suzuki. Tampangnya sangat mirip, membuat versi 250 cc bakal disebut sebagai ”Baby Gixxer 1000” .

Belum ada informasi yang jelas soal spesifikasi GSX-250R. Namun jika Suzuki ingin bersaing, mesin 2-silinder mereka seharusnya dipertahankan. Namun, menurut prediksi dari berbagai media yang membahas soal ini, mesin GSX-R250 kemungkinan menggunakan 1-silinder. Tokyo Motor Show yang digelar pada akhir Oktober 2015 sepertinya bisa jadi acara ideal untuk memperkenalkan kedua sepeda motor baru ini. Kita nantikan sama-sama!

Editor : Agung Kurniawan
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa