Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha MT-25 Langsung Libas Kawasaki Z250

Agung Kurniawan - Senin, 20 Juli 2015 | 06:33 WIB
Jakarta, Otomania - Memasuki separuh pertama 2015, ada fakta menarik yang memuncak dari peta persaingan sepeda motor sport 250 cc di Indonesia. Fokus pembicaraan Otomania kali ini, ada pada segmen sepeda motor tipe naked yang saat ini hanya diisi oleh tiga model utama di pasar, yakni Kawasaki Z250, Suzuki Inazuma, dan Yamaha MT-25.

Persaingan utama terjadi antara Yamaha dan Kawasaki karena punya produk dengan karakter mirip, bermesin dua silinder dan turunan dari tipe "sport full fairing" yang sudah lebih dulu diluncurkan ke pasar. Yamaha menjadi peserta termuda di segmen sport 250 cc naked di Indonesia.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja meluncuran MT-25 di Jakarta, awal Juni lalu. Indonesia didapuk sebagai basis produksi sepeda motor ini, sekaligus lokasi peluncuran perdananya di dunia (world premiere). Kini, setelah sebulan diluncurkan, penjualan langsung melejit. Buktinya, model terbaru Yamaha ini langsung berhasil melibas jagoan Kawasaki Z250 dan Inazuma di segmen yang sama.

Mengacu data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada bulan perdana penjualannya, Yamaha MT-250 sudah berhasil terjual 1.389 unit. Jumlah ini jauh melewati Kawasaki Z250 yang baru terjual 766 unit atau Suzuki Inazuma yang cuma laku 98 unit saja.

Hebatnya lagi, angka penjualan satu bulan MT-250 sudah mengalahkan total penjualan Z250 dan Inazuma selama enam bulan pertama tahun ini. Jika dibandingkan penjualan pada bulan yang sama (Juni 2015), Kawasaki Z250 hanya terjual  17 unit dan Suzuki Inazuma hanya 26 unit.

Memang terlalu pagi untuk mengatakan Yamaha MT-25 berhasil mengalahkan Kawasaki Z250 atau Suzuki Inazuma di pasar, bercermin hasil penjualan sebulan. Pasalnya, penjualan model baru dalam tiga sampai lima bulan pertama cenderung belum stabil dan agen tunggal pemegang merek (ATPM) masih mengisi stok di jaringan diler di seluruh Indonesia.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa