Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Empat Aksesori yang Berbahaya untuk Mobil

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 7 Juli 2015 | 15:17 WIB


Jakarta, Otomania
- Penambahan aksesori memang akan membuat kesan mobil jadi lebih mewah dan terlihat beda dari yang yang biasa. Namun perlu diwaspadai aksesori kendaraan yang bisa membahayakan. Bintarto Agung, Presiden Direktur Indonesia Defensive Driving Center (IDDC) mengatakan, pemilik kendaraan sebaiknya menghindari aksesoris tambahan pada kendaraan yang dapat membahayakan, baik bagi diri sendiri maupun pengguna jalan lain.

"Pemilik kendaraan seharusnya paham betul aksesori apa yang sesuai untuk kendaraannya , sehingga tidak menimbulkan kerugian," ujar Bintarto, Minggu (5/7/2015). Berikut beberapa aksesori yang akan menimbulkan bahaya.

Lampu

Lampu selain sebagai penerang juga sebagai alat komunikasi denga pengendara lain. Setiap warna yang sudah dibakukan memiliki makna informasi masing masing. Jadi, tambah Bintarto, sebaiknya jangan meruba warna lampu karena bisa membuat pengendara lain salah paham.

"Merubah lampu rem atau sein menjadi warna putih atau warna lainnya bisa membuat kendaraan lain yang ada di belakang terganggu dan bisa saja terjadi kecelakaan," ujar Bintarto.

Forklift Knob

Penggunaan alat pemutar setir atau knob yang biasa digunakan untuk forklift adalah salah satu aksesori yang wajib dihindari. Aksesori ini membuat kendali setir tidak sepenuhnya berada di kedua genggaman tangan, jika terjadi kondisi darurat, maka akan fatal akibatnya. Selain itu penambahan aksesori ini dapat menyebabkan cedera pada pergelangan tangan pengendaranya.

Pedal

Banyak orang mau membuat tampilan interior jadi lebih sporty, dengan mengubah pedal karet bawaan pabrik dan melapisinya (cover) dengan bahan metal. Hal ini berbahaya, karena bahan karet yang digunakan sebenarnya memiliki fungsi tersendiri, yakni agar terhindar dari licin.

"Mengganti dengan pedal metal sebenarnya tidak dilarang, namun tidak disarankan. Selama aksesori tersebut tidak akan menyebabkan kaki tergelincir dari kontrol pedal," ujar Bintarto.

Bull Bar

Penggunaan tanduk bemper (bull bar) tidak tepat untuk berkendara di dalam kota, karena fungsi dasarnya adalah untuk daerah yang bersalju atau daerah perkebunan, sehingga bagian depan mobil akan bisa terlindungi saat akan membelah salju atau menghalau tanaman.

Jika aksesori tersebut digunakan di dalam kota, dikhawatirkan ketika menyenggol kendaraan lain kerusakan yang dialami akan cukup parah, bahkan jika menabrak seseorang akan bisa cedera serius dan mengalami kematian.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa