Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Ajang Balapan Komunitas Sepeda Motor Sport

Ghulam Muhammad Nayazri - Kamis, 28 Mei 2015 | 18:39 WIB

Jakarta, Otomania - Bermula dari hobi menyalurkan teknik berkendara di sirkuit yang benar, Yaya Nugraha mengaku kebablasan menekuni hobi balap. Mendapat dukungan  berbagai pihak, akhirnya lahir salah satu ajang balap umum yang terbuka bagi seluruh komunitas sepeda motor sport di Indonesia, yakni International Trackday Series (ITS) di Sirkuit Sentul, Bogor Jawa Barat.

"Awalnya hanya sekedar sarana latihan teman teman komunitas Kawasaki Ninja, belajar bagaimana teknik cornering, handling, dan breaking di 2009. Mulai dari situ karena dirasa cukup menjenuhkan karena itu-itu saja akhirnya tercetuslah ITS," ujar Yaya Nugraha, Organizing Commite ITS kepada Otomania beberapa hari lalu.

Yahya menambahkan, kegiatan ini menjadi sarana setiap pemilik motor sport yang memiliki hobi balap, atau mungkin sekedar ingin mengetes kemampuan sepeda motornya di sirkuit. "Kami fasilitasi, dari pada mereka main liar di jalan mending ikut kita. Karena di awal musim funrace kita biasaya mengawali dengan pelatihan terlebih dahulu," ujar Yaya.

Untuk tahun ini ITS terbagi menjadi beberapa kelas, diantaranya, Superbike 600cc, 150 2T Pemula, 150 4T, 250cc Pemula A, 250cc Pemula B, dan 250cc Profesional. Selain itu ada pula kelas One Make Race (OMR) MV Agusta Owner Club dan  OMR Riders Ninja Bekasi. Setiap lima besar di tiap kelas, untuk musim selanjutnya diwajibkan untuk naik ke kelas yang lebih tinggi. Terbuka untuk siapa saja dan dari merek sepead motor apapun.

"Agar juaranya tidak monoton orangnya kita membuat peraturan, untuk pemenang lima besar agar bisa naik satu kelas di atasnya, tapi jika performance di kelas yang baru buruk, bisa kembali lagi ke kelas awalnya," ujar Yaya.

Balap funrace tahun ini, ujar Yaya, sudah masuk seri ketiga yang dilaksanakan 16 Agustus 2015 mendatang. Bagi yang ingin hadir menonton atau mungkin ingin bertanya mengenai ITS, bisa langsung datang.

"Mungkin ada yang ingin bertanya mengenai pendaftaran untuk musim selanjutnya ataupun hal lainnya, bisa datang langsung sekaligus menyaksikan keseruannya, tapi jika belum sempat hadir bisa kunjungi situs ITS di www.indonesiatrackdayseries.com," ujar Yaya.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa