Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perhatikan Ini Saat Ingin Konvoi Jarak Jauh

Stanly Ravel - Selasa, 12 Mei 2015 | 10:48 WIB
Jakarta, Otomania - Konvoi atau berkendara secara beriringan kerap terlihat di jalan raya. Ada yang sifatnya resmi dan ada juga yang bersifat hobi atau berhubungan dengan komunitas, baik roda dua atau roda empat.

Namun ada hal wajib yang harus diperhatikan sebelum dan saat melakukan perjalanan konvoi. Terlebih dengan jumlah rombongan yang panjang serta jarak tempuh yang jauh.

"Dalam hakikatnya, jalan raya itu milik bersama dan digunakan secara bersama. Itu etika utama yang harus kita pahami sebagai pengguna jalan, karena sampai saat ini pemahaman mengenai konvoi di Indonesia masih cukup lemah yang menyebabkan banyak konflik terjadi," ungkap Jusri Palubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), saat berbincang dengan Otomania, Selasa (12/5/2015).

Setiap komunitas yang ingin melakukan touring atau konvoi dengan perjalanan jauh dan jumlah unit yang banyak, sangat disarankan adanya pembagian kelompok. Ini bisa menghindari hal-hal yang sifatnya merugikan pengguna jalan lain.

"Idealnya dalam satu grup untuk mobil itu 6-8 unit mobil, sedangkan untuk sepeda motor bisa sampai 12 unit," tambah Jusri lagi.

Pemahaman mengenai konvoi itu lebih menitikberatkan pada rasa tanggung jawab sebagai sesama pengguna jalan raya. Jusri juga menambahkan, baiknya bila jumlah konvoi terlalu banyak untuk meminta pengawalan dari pihak kepolisian, tapi peserta juga harus berkomitmen untuk tetap tertib.

"Biasanya dalam rombongan atau konvoi ada saja yang memiliki sifat arogan, hal ini harus dihindari karena jalan raya miliki bersama bukan hanya rombongan konvoi. Pihak kepolisian yang mengawal akan mengatur perjalanan dan peserta rombongan wajib mengikuti aturan tidak boleh merasa memiliki bahwa memiliki hak istimewa saat dikawal," tutup Jusri.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa