Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Indonesia Darurat Kecelakaan Jalan Raya!

Ghulam Muhammad Nayazri - Minggu, 10 Mei 2015 | 15:00 WIB

Yogyakarta, Otomania - Data WHO disebutkan Korlantas Polri, menyatakan bahwa jumlah korban meninggal dunia yang diakibatkan kecelakaan jalan raya saat ini berada di urutan kesembilan dari kategori penyakit masyarakat. Hal tersebut disampaikan Kakorlantas Polri Irjen. Pol. Condro Kirono.

"Di Indonesia, kecelakaan kendaraan sudah memasuki tahap memperihatinkan. Kita tidak hanya sedang darurat Narkotika, tapi juga darurat kecelakaan berkendara," ujar Condro saat berpidato pada peresmian Astra Motor Safety Riding Center di Yogyakarta, (8/5/2015).

Condro menambahkan, jika tidak dilakukan upaya maksimal, salah satunya melakukan kerjasama dengan semua pihak termasuk para produsen, maka diprediksi tingkat kecelakaan akan terus meningkat seiring naiknya kebutuhan masayarakat akan kendaraan.

”Jangan hanya mengandalkan kesadaran masyarakat, kita semua juga punya tanggung jawab untuk mengingatkan. Entah melalui pengembangan fitur keselamatan pada sepeda motor ataupun program edukasi yang diberikan saat akan membeli sepeda motor," tukas Condro.

Lebih dari itu, lanjut Condro, kerugian lain yang disebabkan oleh kecelakaan adalah kemiskinan. Hal tersebut harus ditanggung oleh korban sendiri maupun keluarga korban.  

"Pengendara yang tidak mematuhi etika di jalan, sesungguhnya dia tidak hanya akan merugikan dirinya sendiri tapi juga keluarganya, maupun orang lain. Salah satunya adalah kemiskinan. Bayangkan jika kepala keluarga mengalami kecelakaan, lalu siapa yang harus menangggung beban keluarga? Dampaknya mengerikan," tukas Condro.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa