Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Ancaman Fatal Saat Konvoi

Aris F Harvenda - Jumat, 10 April 2015 | 15:27 WIB

Jakarta, Otomania — Bepergian bersama atau turing bagi para biker memang menyenangkan.  Tapi saat konvoi ada hal yang wajib dipahami yang bisa berpotensi menimbulkan celaka, yaitu batas jarak aman antar-sepeda motor.

"Menempel" terlalu dekat bisa jadi hal buruk untuk dilakukan. Sebab, pengendara tidak pernah tahu persis tindakan apa yang akan dilakukan pengendara di depan kita. Walaupun sudah dilengkapi alat komunikasi antar-helm, tetapi tetap bukan jaminan.

Akun Zone Television mengunggah video ke Youtube. Mereka memberikan gambaran mengenai bahaya dari membuntut terlalu dekat. Saat biker depan kehilangan arah dan bergeser ke jalur lawan arah, pengekor seperti tidak punya pilihan selain mengikuti.

Hal ini sebenarnya bisa dihindari jika pengendara di belakangnya masih berkonsentrasi dan punya ruang untuk merespons kesalahan dengan mengerem, lalu menghindar. Beruntung, dalam video ini, yang terjadi hanyalah kecelakaan “kecil”. Semua orang dalam kondisi selamat.

2 detik

Jarak “aman” antar-kendaraan adalah 2 detik, baik saat konvoi maupun berkendara dalam keseharian. Namun, pertimbangkan pula kondisi perjalanan dan kecepatan. Sementara itu, yang paling penting dicermati adalah ruang gerak masih cukup untuk mengantisipasi kesalahan biker depan.

Tidak hanya untuk pengendara belakang, menguntit sangat dekat juga berbahaya bagi pengendara depan. Mengendarai sepeda motor adalah sesuatu yang sangat mengandalkan keseimbangan. Sedikit saja sentuhan dari belakang, maka hal itu bisa mengganggu dan berakibat fatal. 

Berikut ini, kejadian yang hampir fatal gara-gara menguntit terlalu dekat.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa