Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hubungan Kecelakaan Sepeda Motor dengan SIM

Aris F Harvenda - Jumat, 3 April 2015 | 16:05 WIB
Stockholm, Otomania – Biasanya pengendara sepeda motor yang tidak memiliki izin mengemudi (SIM), atau kurang pengalaman, berpotensi mengalami kecelakaan fatal. Asosiasi sepeda motor di Swedia (SMC : Sveriges MotorCyklister) berhasil melakukan study yang menunjukkan hubungan antara kecelakaan fatal dan SIM.

Hasil study bertajuk ”Extreme Behaviour on 2 Wheels”, diungkap angka kecelakaan fatal di Swedia selama 12 bulan (antara 2011 dan 2012). Ada 72 kasus (sangat kecil dibandingkan Indonesia), dan yang mengejutkan 25 di antaranya (35 persen) tidak punya SIM! Dari 25 itu dijabarkan lagi, 18 di antaranya terpengaruh alkohol dan obat-obatan.

Ditemukan pula lima pengendara tewas kecelakaan karena tidak menggunakan helm. Beberapa di antara mereka ditemukan mengendarai sepeda motor yang tidak dilengkapi surat-surat lengkap.

Dari korban tewas yang tak punya SIM itu, 60 persen tak punya sepeda motor alias pinjam. Statistik lain yang cukup ironis, pengendara tidak punya SIM kebanyakan berusia muda. Jika dirata-rata umurnya 31,5 tahun alias tak lagi ”anak-anak” dan seharusnya bisa berpikir lebih dewasa.

Ujian berat

Di Eropa, kecelakaan fatal dan kepemilikan SIM memang bisa dikaitkan, karena untuk mendapatkan SIM, pengendara harus melalui serangkaian ujian berat yang tak sembarangan. Diyakini, pengendara yang sudah terlatih lewat beberapa tes dan pengalaman jauh lebih kecil kemungkinan celaka.

Tentu, korelasi ini akan sangat sulit jika diterapkan di Indonesia, karena masih banyak pemilik SIM sekali pun yang tak paham teknik berkendara, atau bahkan etika dan sopan-santun di jalan.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa