Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Teknologi Baru Usir Kusam pada Lampu Mobil

Irsyaad Wijaya - Jumat, 2 Februari 2018 | 18:41 WIB
Contoh headlamp kusam
File Otomania.com
Contoh headlamp kusam

Otomania.com - Salah satu faktor yang membuat penampilan mobil menjadi kurang segar adalah mika headlamp yang sudah kusam. Penyebabnya ada banyak, salah satunya karena sering terkena panas dan hujan yang bikin warna mika menjadi pudar.

Namun perlu risau. Pasalnya ada salah satu teknologi yang umumnya diterapkan pada bodi mobil, bisa digunakan untuk bikin "kinclong" mika lampu, yaitu coating. Cara ini dinilai lebih ampuh untuk usir kusam pada mika lampu depan.

Teknologi ini bernama nano burn coating, langkah yang dipakai seperti proses alam yaitu evaporasi atau mengubah cairan menjadi gas yang bisa menghilangkan kusam seketika.

"Proses pengerjaan sebetulnya enggak langsung penguapan" tutur Rico, punggawa Shine Auto Light di bilangan Kemayoran, kawasan MGK, lantai 6 blok E8 no.7.

Langkah yang dilakukan terbilang sama dengan tehnik lama, dimulai dari mengamplasnya terlebih dulu. "Sebelum coating, amplas dulu untuk membersihkan residu yang menempel di lampu depan," jelas Rico.

(BACA JUGA: Lampu Depan BMW Kesayangan Mulai Pudar? Langsung ke Bengkel Ini)

Dia juga mengatakan, waktu yang diperlukan agak lama untuk membuat hasil yang maksimal. "Proses pengerjaan keseluruhan bisa memakan waktu 4 jam, sementara proses penguapan hanya berlangsung selama 30 menit" ucapnya.

Teknologi ini bisa dikatakan baru untuk Indonesia, karena masuk pada akhir 2017 dan belum banyak salon mobil yang gunakan Nano coating. "Baru datang barangnya sekitar 2 bulan lalu, ya kira-kira awal bulan November 2017 lalu," sambungnya.

Rico menyayangkan orang Indonesia belum ada yang mampu mengembangkan teknologi ini, mau tak mau dirinya mendatangkan barang ini dari Rusia. Rico juga menuturkan banderol untuk sepasang lampu depan cukup mahal sedikit karena alaan itu tadi.

"Ini cuma bisa dikerjakan untuk lampu depan saja, sepasang dibanderol Rp 500 ribu hingga Rp 600 ribu," lanjut Rico soal harga.

Karena masih barunya produk ini, Rico belum bisa memberi jaminan akan bertahan berapa lama, tetapi dia juga sudah lakukan uji coba pada mobilnya sendiri.

"Sejak November sebetulnya sudah pernah dicoba di mobil saya dan mobil customer tapi saya belum berani bilang akan bertahan berapa lama. Toh ini masih sangat baru." terangnya.

(BACA JUGA: Ini Yang Bikin Kaca Headlamp Buram)

Langsung lihat video dibawa ini, bagaimana prosesnya.

 

Proses Nano Burn Coating Headlamp CRV

A post shared by Auto Lights Specialists (@shine_auto) on

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa