Lampu Depan BMW Kesayangan Mulai Pudar? Langsung ke Bengkel Ini

Irsyaad Wijaya - Sabtu, 13 Januari 2018 | 14:00 WIB
Ilutrasi BMW lampu tak kinclong karena kusam
mobildanmotorbekas.blogspot.co.id
Ilutrasi BMW lampu tak kinclong karena kusam


Otomania.com – Apakah anda salah satu pemilik mobil bekas produk asal Jerman? Keluhan apa yang sering dirasakan ketika melihat tampilannya ?

Umumnya, mobil bekas identik dengan part yang sudah banyak memerlukan penggantian. Karena memang semua spare part pasti memiliki usia.

Contoh paling sering terlihat dan jika dibiarkan akan menggangu juga pada sistem penerangan ketika malam hari yaitu mika lampu depan yang mulai pudar dan menguning. Tetapi mobil bekas yang sering mengalami ini pada mobil keluaran anyar yang sudah memakai pelindung mika pada lampunya.

Menurut Avon, pemilik bengkel N Jaya Motor di ITC Duta Mas Fatmawati, menguningnya mika lampu karena panas yang berlebih. Bisa karena panas dari matahari karena sering dijemur atau penggunaan Watt lampu yang terlalu besar.

Berbeda hal dengan mobil yang masih menggunakan lensa kaca pada lampu depannya contohnya Isuzu Panther tahun 2000 yang masih gunakan kaca sebagai pelindung bohlamp.

(BACA: Penjelasan Lampu Berwarna Kuning Lebih Jelas Menembus Hujan)

Mobkas keluaran BMW juga bisa mengalami kejadian ini. Tapi tak usah khawatir karena banyak bengkel sekarang ini yang mampu bersihkan masalah pada lensa lampu tersebut.

“Lampu depan BMW dari dulu sampai sekarang itu ada lensanya, kalau mau maksimal harus copot semuanya biar bersih,” tutur Avon dari N Jaya Motor di ITC Duta Mas Fatmawati.

Avon menegaskan, teknik membukanya tak bisa sembarangan harus pakai alat pemanas khusus. “Untuk buka biasanya kita pakai heat gun, nanti nempelnya lagi bisa pakai silicone sealant,” katanya kepada GridOto (11/1/2018).

Jika lensa lampu sudah terbuka, reflektor baru bisa dibersihkan dengan lebih mudah. tapi dengan lap yang bersifat lembut. “Bersihkan reflektor cuma pakai lap microfiber tanpa pembersih apapun,” ungkap Avon.

(BACA JUGA: Razia, Anak di Dalam Dasbor BMW X5 Kejutkan Polisi)

Untuk membersihkan mika atau lensa dapat memakai bahan yang sederhana yaitu pasta gigi atau kompon halus. Karena pasta gigi mengandung zat pemutih dan deteren yang mampu menghilangkan kerak.

“Semuanya secara bertahap aja, digosok pakai lap dengan gerakan memutar,” ujarnya.

Avon menambahkan agar hasilnya lebih sempurna, gunakan juga wax khusus pembersih jamur agar tampilan lampu kembali seperti baru.

“Untuk ongkosnya tergantung kesulitan, karena tiap mobil kan beda, kisarannya sekitar Rp 50 ribu - 100 ribuan per lampu,” tambah Avon.

Editor : Ditta Aditya Pratama
Sumber : GridOto.com
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA