Sebab Mika Lampu Depan Cepat Kusam

Setyo Adi Nugroho - Senin, 13 Maret 2017 | 08:25 WIB
Lampu utama atau headlam yang terlihat kusam
team-bhp.com
Lampu utama atau headlam yang terlihat kusam

Jakarta, Otomania.com – Lampu utama menjadi bagian penting pada mobil terutama karena fungsinya sebagai alat penerangan bagi pengemudi di malam hari. Utamanya pada musim hujan seperti saat ini, kebutuhan penerangan yang cukup selama perjalanan menjadi kebutuhan utama.

Sayangnya, perhatian pada kondisi lampu utama hanya pada bekerjanya lampu memberi sinar atau tidak. Pengemudi jarang memperhatikan kondisi mika pelindung lampu kendaraan. Bagian ini seiring waktu kerap berubah kusam.

“Sebenarnya kebiasaan pemilik mobil juga yang membuat mika lampu utama cepat berubah. Kusam, menguning dan retak halus menjadi masalah yang kerap hadir pada lampu,” ucap Udin Syamsudin, dari Bintang Mas Motor, MGK Kemayoran saat ditemui beberapa waktu lalu.

Penyebab pertama adalah kebiasaan tidak segera mencuci kendaraan setelah terpapar hujan. Kotoran yang dibiarkan menempel pada bagian mika di lampu depan dapat masuk ke pori-pori mika dan menyebabkan retak halus dan terlihat kusam.

Selain itu kebiasaan sering dibiarkan terkena paparan sinar matahari langsung membuat kondisi mika menjadi cepat berkerak dan pecah-pecah.

“Baiknya perawatan standar, seperti kotor segera cuci atau sering parkir di tempat terlindung membuat umur lampu utama lebih panjang,” ucap Udin.

Penyebab lainnya adalah modifikasi sembarangan yang dilakukan pemilik mobil. Penggantian sumber cahaya aftermarket yang memiliki daya lebih besar mempengaruhi bagian lampu depan ini.

“Maunya dapat cahaya lebih terang, tapi panasnya itu tidak dipikirkan. Panas dari sumber cahaya berlebihan bisa menimbulkan kerak dan menyebabkan mika menguning. Jika ingin memodifikasi baiknya tetap mengikuti anjuran dari pabrikan,” ucap Udin.


Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa