Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pantas Dapat Apresiasi dari Kemendagri, Urus Pajak Kendaraan Hanya Perlu Tiga Menit di Samsat Ini

Naufal Nur Aziz Effendi - Senin, 23 Mei 2022 | 20:00 WIB
Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fatoni (batik hijau) saat meninjau pelayanan pajak kendaraan di Samsat Batam, Kepulauan Riau.
Tribunnews.com/istimewa
Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fatoni (batik hijau) saat meninjau pelayanan pajak kendaraan di Samsat Batam, Kepulauan Riau.

Otomania.com - Pantas dapat apresiasi dari Kemendagri, urus pajak kendaraan hanya perlu tiga menit di Samsat ini.

Pelayanan publik di Kantor Samsat Batam, Kepulauan Riau mendapat apresiasi dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dalam peninjauan yang dilakukan Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Agus Fatoni, pelayanan pajak kendaraan di Samsat Batam tergolong sangat cepat.

Yakni hanya memakan waktu tiga menit untuk pajak satu tahun, sementara untuk pajak lima tahun sekitar 30 menit.

“Semoga apa yang sudah berjalan dengan baik ini bisa terus ditingkatkan dan bisa menjadi contoh bagi daerah lain dalam sektor pelayanan publik,” ujar Agus Fatoni dalam keterangan yang diterima, Minggu (22/5/2022).

Fatoni juga mengapresiasi inovasi dan terobosan yang dilakukan Samsat Batam Centre, seperti menyediakan pelayanan Samsat antar pulau sehingga memudahkan masyarakat kepulauan dalam pelayanan pajak kendaraan.

Kemudian loket khusus bagi disabilitas dan pelayanan khusus bagi disabilitas, untuk membantu saat melakukan pembayaran pajak kendaraan, juga tak luput dari atensi Fatoni.

“Di sini juga kami melihat Layanan JEMPOL SAPRI (Jemput Bola Samsat Kepri) dimana petugas Samsat JEMPOL SAPRI yang sudah dihubungi akan mendatangi wajib pajak sehingga wajib pajak tidak perlu datang ke kantor Samsat atau Samsat Corner, termasuk e-Samsat, dimana pembayaran pajak dapat dilakukan melalui aplikasi Android yang bekerja sama dengan berbagai channel bank,” kata dia

Berbagai layanan lainnya, dikatakan Fatoni, adalah Samsat Drive Thru hingga loket prioritas bagi masyarakat yang taat pajak dan tidak ada tunggakan.

Baca Juga: Tahun Depan NIK Jadi NPWP, Semua Pemilik Kendaraan Bermotor Harus Bayar Pajak, Ini yang Tidak Diwajibkan

Menurutnya, Samsat Batam Centre termasuk salah satu Samsat terbaik di Indonesia.

Penghargaan yang telah diperoleh di antaranya penghargaan Gubernur Kepri atas inovasi aplikasi Keris Online hingga Penghargaan Pelayanan Publik dari Kemenpan-RB 2018, 2019, 2020 dan 2021.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Samsat Batam Layani Publik Urus Pajak Hanya 3 Menit, Kemendagri Beri Apresiasi

Editor : Naufal Nur Aziz Effendi
Sumber : Tribunnews.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa