Lega, Masyarakat yang Tidak Bisa Menerima Vaksin Tetap Diperbolehkan Mudik Lebaran 2022, Pemerintah Beri Persyaratannya

Naufal Nur Aziz Effendi - Selasa, 5 April 2022 | 19:00 WIB
Buat calon pemudik yang tidak bisa menerima vaksin jangan khawatir, masih diperbolehkan mudik Lebaran 2022 dengan persyaratan seperti ini, (foto ilustrasi)
Kompas.com
Buat calon pemudik yang tidak bisa menerima vaksin jangan khawatir, masih diperbolehkan mudik Lebaran 2022 dengan persyaratan seperti ini, (foto ilustrasi)

Otomania.com - Lega, masyarakat yang tidak bisa menerima vaksin tetap diperbolehkan mudik Lebaran 2022, pemerintah beri persyaratannya.

Kabar gembira untuk masyarakat, tahun ini pemerintah memperbolehkan warga untuk melakukan mudik Lebaran 2022.

Namun perlu dicatat, bagi warga yang hendak melakukan mudik harus memenuhi peraturan yang dikeluarkan pemerintah supaya tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19.

Syarat tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19 yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19.

Dalam beleid itu, tiap masyarakat yang mudik dengan kendaraan pribadi dan bus bersama anak-anak wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan 3M.

Maksudnya, memakai masker, menjaga jarak minimum 1,5 m, menghindari kerumunan, dan selalu mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Lalu diperlukan juga pengetatan protokol terkait, di antaranya memakai masker kain tiga lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut, dan dagu.

Diimbau juga untuk mengganti masker secara berkala, setiap empat jam dan membuang limbah masker di tempat yang disediakan seraya mencuci tangan.

Selanjutnya, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi atau umum harus telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster) sehingga tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

Baca Juga: Ada Kenaikan Biaya Pengurusan SIM, Mau Perpanjangan atau Bikin Baru Disuruh Bawa Uang Lebih, Ini Rinciannya


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa