Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Catat, Sebentar Lagi Gardu Jalan Tol Mau Dihilangkan, Transaksi Pakai Kartu Uang Elektronik Bakal Diganti

Naufal Nur Aziz Effendi - Jumat, 4 Maret 2022 | 11:00 WIB
Catat, sebentar lagi gardu jalan tol mau dihilangkan, transaksi pakai kartu uang elektronik bakal diganti (foto ilustrasi)
Tribunnews.com
Catat, sebentar lagi gardu jalan tol mau dihilangkan, transaksi pakai kartu uang elektronik bakal diganti (foto ilustrasi)

Otomania.com - Catat, sebentar lagi gardu jalan tol mau dihilangkan, transaksi pakai kartu uang elektronik bakal diganti.

Sobat Otomania.com wajib tahu nih, sebentar lagi gardu atau gerbang tol (GT) bakal dihilangkan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit.

Menurutnya, gerbang tol akan dihilangkan pada tahun 2024 mendatang.

Hal ini menyusul akan segera diterapkannya Sistem Transaksi Tol Nontunai Nirsentuh berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) pada Desember tahun ini.

"Lama kelamaan karena sudah terbiasa, gate itu akan kita buka. Sehingga, pada tahun 2024, tidak akan ada gardu tol," jelas Danang dalam webinar Infrastruktur untuk Indonesia, Rabu (2/3/2022).

Dengan diterapkannya MLFF, para penggguna jalan tol tak perlu lagi menempelkan kartu uang elektronik.

Sebelumnya, Danang mengatakan, para pengguna jalan tol bisa melakukan pembayaran non-tuna hanya dengan mengunduh aplikasi electronic-on board unit (e-OBU) bernama Cantas pada gawai masing-masing.

Cantas merupakan aplikasi pintar yang didesain dengan sistem navigasi satelit atau Global Navigation Satellite System (GNSS) yang dapat memungkinkan pengguna kendaraan untuk melakukan pembayaran hanya dengan melalui gawai.

Baca Juga: Hindari Setor Uang Jutaan Rupiah ke Derek Liar, Mogok di Jalan Tol Mending Pakai Aplikasi Pintar Ini

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa