Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Biasakan Pakai Rem Tangan Saat Berhenti di Lampu Merah

Fedrick Wahyu - Minggu, 1 April 2018 | 17:05 WIB
Rem parkir atau rem tangan
Rem parkir atau rem tangan

Otomania.com - Kebanyakan dari pengguna mobil akan menggunakan rem tangan ketika berhenti di lampu merah. Hal itu memang lebih nyaman daripada harus menginjak pedal rem.

Tapi, Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, dalam pelatihan Safety Driving di Sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, belum lama ini, menyarankan untuk tak melakukan kebiasaan yang keliru saat berhenti di lampu merah.

"Jika menggunakan rem tangan, sopir akan merasa nyaman, dan potensi terjadinya kecelakaan ketika di lampu merah juga cukup tinggi. Misal ditabrak dari belakang dan lain sebagainya," kata Sonny.

(BACA JUGA: Kenali 4 Sebab Aki Mobil Cepat Tekor)

Sony menyarankan, kalau sopir cukup menginjak pedal rem saja. Jadi lampu rem pun juga menyala, dan memberikan tanda pada mobil yang ada di belakang. Selain itu, juga akan menjaga kewaspadaan terhadap kondisi di sekitar.

"Kalau sopir itu merasa nyaman, yang ada main ponsel, bahwa kalau wanita ada juga yang make up, dan lain sebagainya. Itu sangat berbahaya juga meskipun dalam kondisi mobil berhenti," ujar Sony.

Menurut Sony sebaiknya para pengemudi lebih mengutamakan menginjak pedal rem saja, daripada menggunakan rem tangan. "Tujuan utamanya hanya satu, yaitu soal keamanan saja," ucap dia.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa