Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenali 4 Sebab Aki Mobil Cepat Tekor

Irsyaad Wijaya - Selasa, 27 Maret 2018 | 17:15 WIB
Aki mobil
Aki mobil

Otomania.com - Banyak pemilik mobil yang mengeluhkan aki mobilnya tekor tanpa sebab secara tiba-tiba. Banyak penyebab yang membuat kondisi itu mencuat. Nah, berikut kami berikan 4 penyebab yang mungkin jadi biang kerok aki mobil cepat tekor.

1. Pemasangan aksesori di mobil

Hal ini sering dilakukan banyak pemilk mobil karena tak paham. Aksesori tambahan membuat kebutuhan arus listrik meningkat, tapi suplai aki jumlahnya tetap.

"Penyebab utamanya karena penggunaan aksesori mobil seperti upgrade sistem audio serta instalasi klakson dan lampu tambahan," tutur Sumarsih dari Istana Motor, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

(BACA JUGA: Aki Kering Vs Aki Basah, Bagus yang Mana?)

2. Mobil yang lama tidak dihidupkan

Kebiasaan ini juga sering terjadi karena banyak pemilik yang meninggalkan mobil dan didiamkan tanpa teratur dipanasi. Hal ini yang bikin juga aki tekor karena meskipun posisi mesin mati, aki tetap memberi suplai arus ke komponen yang menggunakan listrik.

"Mobil yang tidak dihidupkan dalam jangka waktu yang lama juga bisa menyebabkan aki tekor," terang Sumarsih.

3. Kelalaian pengemudi

Kejadian ini yang kerap terjadi dan paling fatal. Seringkali pengemudi yang lupa tinggalkan mobil di parkiran lupa mematikan komponen kelistrikan. Tapi jarang juga yang secara sengaja menghidupkan aksesori yang mengandung listrik agar nyaman. Contohnya AC mobil dinyalakan padahal posisi mesin mati.

Kebiasaan buruk itu yang bikin aki cepat tekor dan tak jarang jadi biang kerok kebakaran mobil.

(BACA JUGA: Cegah Keracunan Dalam Mobil Akibat Korsleting Listrik, Ini Caranya)

4. Masalah pada alternator

Komponen yang berfungsi sebagai daya pengisi arus energi ke aki. Bekerjanya mengikuti putaran pully yang ada fanbelt mesin. Jika komponen ini rusak dipastikan aki cepat tekor karena tak ada suplai energi yang masuk.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa