Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Apakah Perlu Wiper Diangkat Saat Mobil Parkir?

Irsyaad Wijaya - Selasa, 6 Februari 2018 | 16:08 WIB
Perdebatan perlukah mengangkat wiper saat mobil terparkir
Anugrah Pradana SG
Perdebatan perlukah mengangkat wiper saat mobil terparkir


Otomania.com - Sudah banyak yang melakukan, ketika parkir mobil, terutama saat berada di area luar ruangan, wiper kaca diangkat. Alasannya agar karet wiper tak mudah getas karena panas kaca. Apakah ini mitos atau fakta?

Masalahnya, ada juga pendapat yang mengatakan kalau saat wiper diangkat, yang "kena" justru usia per pada tuasnya karena sering tertarik akibat wiper diangkat.

Agar ada titik terang, permasalahan tersebut dijawab oleh Didi Ahadi, Dealer Techical Support Toyota Astra Motor (TAM) yang mengatakan semua komponen yang terpasang pada mobil semestinya sudah dirancang pabrikan untuk posisi tersebut.

Sama dengan wiper yang tahan terhadap panas sinar matahari, apalagi pantulan dari kaca yang menempel pada karet. Namun, Didi juga tak melarang bagi pemilik yang "ngotot" mengangkat wiper dari kaca mobil saat tak dipakai.

(BACA JUGA: Wiper untuk Helm Solusi Bikers Saat Hujan)

"Sebenarnya wiper sudah didesain seperti itu. Tapi memang biasanya diangkat tujuannya supaya karet tidak mengeras," ujar Didi.

Didi juga memberikan penjelasa,  jika wiper sudah mempunyai patokan batas usia. Pabrikan biasanya menyarankan ke pengguna mobil untuk mengganti wiper setelah masa pakai enam bulan.

Apalagi, wiper tak bisa dipatok usianya dengan odometer seperti oli mesin. "Menurut saya setiap enam bulan sekali lah diganti. Kalau sudah rutin diganti, tidak diangkat saat parkir juga tidak apa-apa," lanjutnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa