Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kaca Depan Berdebu, Jangan Asal Gunakan Wiper

Setyo Adi Nugroho - Minggu, 25 Juni 2017 | 08:05 WIB
Wiper mobil disaat hujan
www.backfromthebrink.org
Wiper mobil disaat hujan

Jakarta, Otomania.com – Musim mudik kali ini dipenuhi dengan pemandangan jalur darurat yang belum layak pakai. Jalur darurat ini dilewati pemudik agar mengurai kemacetan di jalur utama mudik seperti Pantura dan jalan tol.

Melewati jalur ini membuat kendaraan tertutup debu. Termasuk kaca depan sebagai area penglihatan ke depan kendaraan.

“Biasanya pengemudi tidak sabar untuk segera membersihkan kaca dengan wiper di depan. Sayangnya ini dapat beresiko membuat kaca tergores,” ucap Dolf Valentino, Service Manager Diler Daihatsu Pangeran Jayakarta saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Pasalnya, bagian air dari washer atau air wiper, yang menyemprot ke bagian kaca tidak membasahi seluruh permukaan kaca, terutama bagian bawah. Akibatnya saat awal wiper bergerak dalam keadaan kering yang membuat kotoran tergores ke permukaan kaca.

“Kalau merek Eropa, air washernya keluar dari bilah wiper. Jadi kemana dia bergerak sudah dibasahi agar lebih mudah bersihkannya. Kalau di mobil biasa yang washernya di depan, pertama-tama tidak baret, tapi lama lama bisa baret juga,” ucap Dolf.

Kondisi serba salah ini bisa ditanggulanggi dengan pengemudi menepi dan berhenti terlebih dahulu. Kemudian siramkan seluruh bagian kaca depan dengan air. Pastikan sampai keseluruhan dan debu yang menempel lunak dan luntur.

Kendaraan pemudik melintasi jalan tol darurat Brebes Timur dan Pemalang-Batang di Batang, Jawa Tengah, Kamis (22/6/2017). Mulai Kamis malam ini (22/6/2017) jalan tol darurat Brebes Timur-Pemalang-Batang dibuka selama 24 jam.
KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
Kendaraan pemudik melintasi jalan tol darurat Brebes Timur dan Pemalang-Batang di Batang, Jawa Tengah, Kamis (22/6/2017). Mulai Kamis malam ini (22/6/2017) jalan tol darurat Brebes Timur-Pemalang-Batang dibuka selama 24 jam.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa