Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mudik Naik Motor, Jangan Kebanyakan Bawa Barang

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 23 Juni 2017 | 13:05 WIB
Pemudik motor mulai padati jalur Kalimalang menuju Bekasi, Kamis (22/6/2017)
Otomania/Setyo Adi
Pemudik motor mulai padati jalur Kalimalang menuju Bekasi, Kamis (22/6/2017)

Jakarta, Otomania.com - Pemudik dengan sepeda motor jadi salah satu fenomena selama musim mudik tahun ini. Meski pemerintah sudah mengimbau untuk tidak menggunakan motor, kebutuhan transportasi ini sulit ditinggalkan pemiliknya untuk dipakai ke kampung halaman.

Salah satu yang menjadi perhatian para pengguna motor ini adalah barang bawaan. Kerap didapati pemudik motor membawa barang bawaan cukup banyak yang membuat pengendara kesulitan untuk bermanuver.

“Memang sebaiknya pengendara motor untuk perjalanan jauh, tidak perlu membawa banyak barang bawaan. Cukup gunakan tas punggung untuk kemudahan bermanuver,” ucap SIswanto, safety riding instructor Wahana Honda saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Salah satu solusi bila tidak ingin repot adalah dengan menggunakan carrier atau box bawaan yang biasanya diletakkan di samping atau belakang sepeda motor. Namun ada yang perlu diperhatikan dalam penggunaan box tambahan tersebut.

Untuk ukuran box belakang dilarang melebihi panjang sepeda motor. Ini juga berlaku untuk box samping yang disarankan tidak melebihi lebar setang kemudi.

“Apabila pemasangan tidak sesuai ketentuan tersebut, dapat mengganggu pengendara dalam mengendalikan motor atau bermanuver. Disisi lain juga membahayakan pengendara lain,” ucap Siswanto.

Perlakuan ini juga diterapkan pada pengendara motor yang memberi tambahan tempat untuk menaruh barang selama musim mudik. Membawa muatan yang berlebihan terutama untuk perjalanan jauh dapat menguras tenaga pengendara, mengurangi reaksi saat darurat serta membahayakan pengguna jalan lain.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa