Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lebih Aman Mana, Mudik Siang atau Malam Hari?

Aditya Maulana - Kamis, 22 Juni 2017 | 13:25 WIB
Kendaraan pemudik terpantau ramai keluar di Gerbang Tol Salatiga, Salatiga, Jawa Tengah, Rabu (21/6/2017). Pemudik berasal dari Jalan Tol Bawen-Salatiga yang sudah difungsionalkan pada H-7.
KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
Kendaraan pemudik terpantau ramai keluar di Gerbang Tol Salatiga, Salatiga, Jawa Tengah, Rabu (21/6/2017). Pemudik berasal dari Jalan Tol Bawen-Salatiga yang sudah difungsionalkan pada H-7.

Jakarta, Otomania.com - Waktu yang dipilih masyarakat untuk mulai melakukan perjalanan mudik berbeda-beda. Pemudik ada yang nyaman berangkat siang, bahkan malam hari.

Alasannya pun beragam, mulai lebih awas dan aman berjalan siang ketimbang malam hari. Bahkan, ada juga yang sebaliknya. Lantas yang aman seperti apa?

Menurut Rifat Sungkar, Direktur Utama Rifat Drive Labs (RDL) tergantung dari kondisi fisik atau kesehatan pengemudi. Sebab, keduanya bisa bahaya, jika tubuh sopir tidak maksimal.

"Kalau tidak percaya malam hari, sebaiknya siang hari saja. Dibuat senyamannya saja," ucap Rifat di kawasan Jakarta Selatan, belum lama ini.

Namun, kata pereli nasional itu jika tidak punya masalah pada kesehatan, terutama penglihatan lebih baik mudik malam hari. Menurut dia, mata pengemudi bisa lebih awas, karena banyak sorotan sinar lampu di sekitar jalan.

"Kalau menurut saya, mengemudi malam itu akan lebih waspada dan konsentrasi. Tetapi balik lagi soal kesanggupan dari pengemudinya itu sendiri, intinya jangan dipaksakan," ujar Rifat.

Ketika sopir sudah merasa lelah, jangan menunda untuk istirahat. Minimal tidak menyetir 30 menit sampai satu jam, setelah itu bisa dilanjutkan lagi perjalanan ke kampung halaman.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa