Mudik, Jangan Asal Tinggal Sepeda Motor di Rumah

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 22 Juni 2017 | 14:05 WIB
Sepeda motor para anggota komunitas Sportster Indonesia yang berkumpul di workshop khusus Harley Davidson, Garasi 19.
Ghulam/Otomania
Sepeda motor para anggota komunitas Sportster Indonesia yang berkumpul di workshop khusus Harley Davidson, Garasi 19.

Jakarta, Otomania.com – Musim mudik sudah di depan mata. Bagi pemudik yang menggunakan mobil atau transportasi umum, ada baiknya tidak melupakan kendaraan yang ditinggalkan dirumah.

Pasalnya jika kendaraan ditinggal dengan kondisi yang tidak tepat, setelah kembali dari mudik, dapat membuat kondisi kendaraan sulit digunakan. Khusus sepeda motor, ada beberapa yang perlu dilakukan sebelum ditinggal mudik selama kurang lebih satu minggu.

“Motor yang tidak digunakan dalam jangka waktu lama bisa timbul beragam masalah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar motor tetap terjaga kondisinya selama tidak digunakan,” ucap Agus dari bengkel Dairy Motor saat ditemui beberapa waktu lalu.

Pertama adalah jangan tinggalkan motor dalam kondisi kotor. Usahakan cuci motor sampai bersih dan kering. Tujuannya agar kotoran tidak membandel karena sudah ditinggal lama dan mencegah timbulnya karat.

Kedua, isilah tangki bahan bakar motor sampai penuh. Atau jika repot, kuraslah tangki hingga benar-benar kosong. Ini untuk menghindari proses penguapan bahan bakar di dalam tangki dan menimbulkan karat saat motor tidak digunakan sekian lama.

Ketiga, jika sempat, cabut aki sepeda motor. Ini untuk mencegah aki soak jika tidak dilakukan pengisian dalam waktu lama. Ini juga bisa sebagai tambahan keamanan bagi motor selama ditinggal.

Keempat, letakkan motor dalam ruang terlindung dari sinar matahari atau terkena air hujan. Pastikan juga motor berdiri dengan standar tengah selama ditinggal mudik, ini untuk menjaga tekanan ban berkurang selama tidak digunakan.

Kelima, beri kunci tambahan untuk keamanan sepeda motor. Pastikan juga untuk menaruh kunci motor di tempat yang benar-benar aman atau titip ke orang terpercaya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa