Mobil Habis Main Lumpur, Buruan Cek Kembangan Ban Biar Nggak Nyesel

Fedrick Wahyu - Senin, 26 Maret 2018 | 08:45 WIB
Periksa kembangan ban setelah main off-road
Autobild Indonesia/Noor Zaenuri
Periksa kembangan ban setelah main off-road

Otomania.com - Setelah membawa mobil kesayangan melewati medan off-road, kita perlu mengecek kondisi kembangan ban. Lantaran, seusai melewati jalanan dengan medan seperti itu, kerikil, serpihan besi, atau benda keras lainnya bisa terselip di situ.

Benda-benda kecil yang mungkin tak ada artinya itu, ternyata bisa membawa bencana bagi mobil. Saat kendaraan berjalan, benda kecil yang terselip itu ada kemungkinan merusak ban tanpa ampun. Jumlah seranganya pun sebanding dengan jumlah putaran ban.

(BACA JUGA: Jangan Sembarangan, Ada Waktu yang Tepat buat Ikuti Lelang Mobil)

Sebagai contoh, lingkar ban 1 meter dan mobil sudah berjalan 1 km, maka ban sudah kena "hajar" kerikil atau pecahan besi sebanyak 1.000 kali. Itu baru dari satu serpihan benda keras, bayangkan jika ada lebih dari 10 benda keras yang terselip di kembangan ban.

Kembangan pada ban mobil
Kembangan pada ban mobil

Apa lagi kalau benda keras yang terselip itu tajam dan kuat seperti serpihan besi, level kerusakannya akan jauh lebih ekstrem.

(BACA JUGA: Bonus Kaca Film dari Diler Harus Dikritisi)

Serpihan besi bisa lebih cepat dalam merobek tapak ban dan pelat baja. Akibatnya sudah pasti ban jadi bocor bahkan rusak. Nah, jika ada kerikil atau serpihan-serpihan benda keras terselip di kembangan ban, segera diusir saja.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa