Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Investasi Awal Grup Astra Rp 300 Miliar untuk Mobil Pedesaan

Irsyaad Wijaya - Rabu, 28 Maret 2018 | 15:45 WIB
platform mobil pedesaan yang dipamerkan Kementerian Perindusterian
kompas.com
platform mobil pedesaan yang dipamerkan Kementerian Perindusterian

Otomania.com – Nota kesepahaman kerjasama antara PT Kiat Inovasi Indonesia dengan dua anak perusahaan Astra Otoparts, PT Velasto Indonesia dan PT Ardendi Jaya Sentosa telah ditandatangani. Hasilnya, akan diproduksi mobil pedesaan atau yang disebut AMMDes dengan nilai investasi fantastis.

Kedua perusaaan akan melebur menjadi satu dengan nama PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) yang bertugas merekayasa, merancang, dan memproduksi mobil perdesaan.

Nah untuk penjualan atau distrbusi suku cadang serta after sales diserahkan pada PT Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD).

Total nilai investasi awal yang ditanamkan sebesar Rp 300 miliar, seperti dikatakan Reiza Trestianto, Direktur PT Velasto Indonesia. Tapi, komposisi patungan tak dijelaskan olehnya.

“Total sampai Rp 300 miliar pada tahap pertama, sampai kapasitas 15.000-an unit. Soal komposisinya nanti kita akan umumkan secara resmi,” jelas Reiza, Selasa (27/3/2018).

(BACA JUGA: Mobil Pedesaan dari Klaten Siap Mengaspal Tahun Depan)

Reiza mengatakan, produksi awal mobil pedesaan ini mencapai 3.000-6.000 unit lalu akan mengikuti permintaan pasar.

“Lokasi produksi akan dilakukan di Klaten, Jawa Tengah, dan sekitaran Bekasi. Jumlah tenaga kerja yang bisa terserap untuk volume produksi awal bisa mencapai 200-an orang,” kata Reiza.

Menteri Perindusterian Airlangga Hartarto menilik mobil pedesaan buatan Sukiat di Klaten Jawa Tengah
Kompas.com
Menteri Perindusterian Airlangga Hartarto menilik mobil pedesaan buatan Sukiat di Klaten Jawa Tengah

Harga Jual
Saat ditanyakan soal harga jual, Reiza belum bisa mengatakannya karena masih proses perhitungan. “Itu yang sedang dihitung, kami upayakan arahnya di bawah Rp 60 juta, walaupun sampai sekarang banyak yang masih kami usahakan,” beber Reiza.

“Pasalnya jika berbicara harga, itu sangat bergantung dan berbanding lurus dengan volume. Sementara volume hari ini, yang baru kami tahu hanya prospeknya saja,” lanjut Reiza.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa