Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Harga Mobil Pedesaan di Bawah Rp 100 juta

Febri Ardani Saragih - Minggu, 3 September 2017 | 16:35 WIB
Konsep mobil pedesaan sudah pernah dipamerkan Daihatsu di IIMS 2010, bernama F-Concept.
marssilhouette.wordpress.com
Konsep mobil pedesaan sudah pernah dipamerkan Daihatsu di IIMS 2010, bernama F-Concept.

Jakarta, Otomania.com – Prototipe kendaraan pedesaan dari Kementerian Perindustrian rampung dan pelaku industri pun sudah ada yang berminat mengembangkannya. Nantinya, kendaraan pedesaan ini bakal membuka segmen pasar baru yang dijual di bawah Rp 100 juta.

Tujuan besar pengembangan kendaraan pedesaan yaitu mewujudkan ketahanan pangan. Memiliki sarana transportasi yang sesuai bisa meningkatkan produksi pertanian dan perkebunan serta memperbaiki perekonomian.

Selain itu tentu saja kendaraan pedesaan bisa meningkatkan industri lokal sebab melibatkan pengusaha dalam negeri skala besar dan kecil. Tingkat kandungan lokal di kendaraan pedesaan akan dilakukan secara bertahap seperti pengembangan LCGC.

“Dengan kapasitas mesin di bawah 1.000cc, kendaraan ini akan dijual lebih murah dari LCGC, di bawah Rp 100 juta,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dalam keterangan resminya, Jumat (1/9/2017).

Baca: Mobil Pedesaan Hanya Rp 88 Juta

Kemenperin sudah menciptakan dua prototipe kendaraan pedesaan, yaitu Generasi 2A dan Generasi 2B. Saat ini Kemenperin tengah mengusulkan pemberian beberapa insentif fiskal dan non-fiskal buat produsen yang memproduksi kendaraan berbasis prototipe itu.

“Salah satu usulan kami adalah PPnBM 0 persen. Kalau LCGC saja bisa 0 persen, harusnya kendaraan pedesaan juga 0 persen," kata Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa