Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

6 Mobil Eks Presiden Soekarno, Di Antaranya Pernah Dilempar Granat

Irsyaad Wijaya - Selasa, 20 Maret 2018 | 15:37 WIB
Mobil dinas Presiden Soekarno
Mobil dinas Presiden Soekarno

Otomania.com - Pemimpin negara selalu identik dengan mobil-mobil premium yang menjadi kendaraan dinasnya. Ini berlaku juga bagi Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno yang pernah ganti beberapa merek ternama di eranya.

Tapi sekarang beberapa mobil bekas kedinasan Sang Proklamator ada yang disimpan anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI). Tri Dharma salah satu pengurus PPMKI mengatakan, mobil yang sekarang dikoleksi sebagian dari 23 mobil yang dilelang Sekretariat Negara tahun 1988.

Tri melanjutkan, enam mobil di antaranya kini disimpan di museum pribadi dari salah satu pendiri organisasi PPMKI. Pengoleksi terbanyak mobil eks Presiden Soekarno dimiliki Hartawan "Hauwke" Setjodiningrat yang beralamat di daerah Kemang, Jakarta Selatan.

Lima di antaranya milik Hauwke dan satu diantara 6 tadi miliknya pribadi. Dari pada pensaran berikut daftar mobil eks Presiden Soekarno yang dimiliki PPMKI.

(BACA JUGA: Mobil Dinas Terakhir Sang Proklamator, Cadillac Fleetwood 75 Limousine)

1. Buick Super

Buick super salah satu mobil dinas Presiden Soekarno yang sudah setir kanan
Kompas.com
Buick super salah satu mobil dinas Presiden Soekarno yang sudah setir kanan

Kata Tri, mobil buatan Amerika ini posisi setir sudah ada di kanan. "Mobilnya ini juga dipakai Perdana Menteri, di antaranya Juanda dan Nasyir," ujar Tri.

2. ZIL Limo

ZIL Limo buatan Uni Soviet pernah menemani Soekarno
Kompas.com
ZIL Limo buatan Uni Soviet pernah menemani Soekarno

Produksi dari negara Uni Soviet. Nama ZIL merupakan singkatan dari Zavod Imeni Likhacheva. Sedan lawas ini sampai sekarang juga masih original degan cat yang dibiarkan sengaja pudar.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa