Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bikin SIM A Umum Rp 100 Ribu Doang di Samsat Daan Mogot, Cuma Sehari

Irsyaad Wijaya - Kamis, 15 Maret 2018 | 16:30 WIB
Ilustrasi Surat Ijin Mengemudi
polri.go.id
Ilustrasi Surat Ijin Mengemudi

Otomania.com - Agar semakin menertibkan masyarakat yang belum mempunyai Surat Ijin Mengemudi (SIM) terkhusus A Umum, Kementrian Perhubungan bekerjasama dengan pihak Kepolisian membuka program pembuatan SIM dengan biaya murah.

Sebelumnya sudah dilaksanakan di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan Yogyakarta. Tapi karena antusiasmenya tinggi, Kemenhub akan mengadakan lagi program serupa di Jakarta.

"Sabtu (17/3/2018), akan saya bikin lagi. Perkiraan jumlahnya bisa dekat 500, diadakan di Kantor Samsat Daan Mogot, Jakarta Barat," tutur Budi Setiyadi, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub.

Program ini bisa membidik para pengemudi taksi online dan konvensional yang belum punya SIM A umum, karena biaya yang dikenakan hanya Rp 100.000. Jika membuat secara normal tanpa ada program ditarik biaya Rp 170.000.

(BACA JUGA: Sopir Taksi Online Urus SIM A Umum Secara Kolektif dan Murah)

Dengan rincian, biaya PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) untuk pembuatan SIM A Umum baru adalah sebesar Rp 120.000, ditambah biaya uji simulator sebesar Rp 50.000. Ingat datang lebih awal, karena dibatasi kuota hanya 500 orang.

Diundur
Otomania.com mengonfirmasi lagi kepada Budi, Kamis (15/3/2018), ternyata waktu penyelenggaraan diundur satu minggu karena Sabtu (17/3/2018) adalah hari libur nasional. Artinya, penyelengaraan SIM murah dengan kuota 500 pemohon akan dilakukan Sabtu (24/3/2018).

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : Tribunnews.com,GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa