Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

5 Trik Membedakan Sendiri BPKB Asli dan Palsu

Irsyaad Wijaya - Minggu, 18 Februari 2018 | 14:40 WIB
Cara bedakan BPKB asli dan palsu
GridOto.com
Cara bedakan BPKB asli dan palsu

Otomania.com - Hal paling rawan ketika hendak membeli mobil bekas adalah banyak dokumen yang dipalsukan, terlebih jika memboyongnya lewat perorangan yang belom dikenal. Belakangan yang perlu dikhawatirkan, maraknya Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) palsu.

Nah, untuk mengetahuai cara membedakannya, simak trik yang diberikan dari laman NTMC Polri oleh Kombes Pol Priyanto, selaku Kasubdit Dit Regident Korlantas Polri.

1. Bisa dilihat dari bahan cover yang digunakan, BPKB asli dibuat mengkilap, sedangkan jika palsu sedikit buram.
2. BPKB palsu terlihat dari hologram di halaman paling depan atau pertama akan berubah warna jadi kuning saat diterawang, sedangkan yang asli warnanya abu-abu.
3. Nomor seri di bawah hologram dimaksudkan untuk membedakan domisili. Namun, untuk detailnya hanya ada di Korlantas dan tidak bisa dipublikasikan.
4. Pada bagian identitas pemilik kendaraan. BPKB palsu hanya sekadar mengubah data kendaraan saja, sedangkan data pemilik kendaraan tidak diubah.
5. Pada halaman 14 jika BPKB asli terlihat lambang Korlantas apabila disinari cahaya ultraviolet. Kemudian, ketika diraba kertas akan terasa kasar karena logo Korlantas timbul.


"Di bagian identitas kendaraan banyak yang dihapus kemudian di print ulang. Ini jelas kelihatan," tutur Priyanto.

(BACA JUGA: Mudahnya Blokir Surat Kendaraan Agar Tak Kena Pajak Progresif)

"Kalau asli di ultraviolet akan timbul angka dan huruf bermacam-macam. Itu BPKB asli. Sedang yang palsu logonya rata," ucap Priyanto.

Coba kini lebih teliti untuk membeli mobil bekas ya...

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa