Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bahaya Cuci Motor Sepulang Kerja

Irsyaad Wijaya - Senin, 12 Maret 2018 | 15:40 WIB
Ilustrasi cuci motor
Helmi/GridOto
Ilustrasi cuci motor

Otomania.com - Musim hujan seperti saat ini, intensitas motor menjadi kotor sangat tinggi. Hal itu juga yang membuat kegiatan mencuci motor menjadi sangat sering.

Tapi, ternyata ada dampak dari mencuci motor. Kebiasaan yang perlu dihindari yakni membersihkan atau mencuci motor saat keadaan mesin masih panas, atau bahkan pulang kerja sebelum ke rumah, cuci motor dulu, harus memperhatikan hal berikut ini.

Syamsuddin, Kepala Mekanik Bengkel AHASS Murni Pura Mas, Depok, mengatakan bahwa dampak paling fatal cuci motor saat kondisi mesin masih panas, yakni blok mensin bisa retak.

"Tanda awal yang paling mudah dilihat kalau mulai ada bercak atau bagian yang mengelupas," tutur Syamsuddin seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (12/3/18).

Tanda itu sebagai akibat dari penurunan suhu yang drastis. Syamsuddin juga melanjutkan bahwa hal itu tak langsung terjadi. Tapi bisa muncul jika dilakuan terus menerus.

(BACA JUGA: 6 Pantangan Saat Mencuci Motor Kesayangan)

Syamsuddin menyarankan, hindari kebiasaan buruk mencuci motor dalam keadaan suhu tinggi agar mesin tetap awet. Jika ingin mencuci tapi motor sehabis dipakai berjalan, ada baiknya tunggu dulu sekitar 15-30 menit agar suhu menurun dengan sendirinya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa