Rajin Cuci Motor Bisa Bikin Sokbreker Awet

Stanly Ravel - Minggu, 29 Januari 2017 | 09:35 WIB
Ilustrasi suspensi kotor
Stanly/Otomania
Ilustrasi suspensi kotor

Jakarta, Otomania — Peredam kejut atau sokbreker berfungsi memberikan kenyamanan saat sedang berkendara. Namun, bagi sepeda motor yang kurang memperhatikan kebersihan ternyata bisa memperpendek usia pemakaiannya.

Analyst Technical Service Honda Sales Operation Jakarta Center, Rangga Noviar, menjelaskan, adanya kotoran yang menumpuk bisa membuat penyumbatan dan kebocoran pada bagian-bagian sil.

"Saat melintas di genangan air atau ketika hujan, biasanya banyak kotoran yang menempel, terutama kerikil-kerikil kecil. Bila tidak langsung dibersihkan bisa berbahaya. Kuncinya rajin-rajin dibersihkan atau cuci," ucap Rangga saat dihubungi Otomania, awal bulan lalu.

Rangga menjelaskan, saat kotoran mengering, kerikil berpotensi rontok. Bila menempel di pinggiran sil, otomatis saat bermain kerikil akan ikut menempel.

Ilustrasi sok breaker depan
Stanly/Otomania
Ilustrasi sok breaker depan

"Saat menempel dan ikut bergerak (turun-naik), kerikil bisa merusak dinding sil, akibatnya bisa menimbulkan kebocoran oli. Ini berlaku untuk sok depan dan belakang," kata Rangga.

Selain rajin merawat, Rangga juga menjelaskan penyebab lain kerusakan sok belakang yang paling sering terjadi, yakni akibat membawa barang berlebihan.

Kebanyakan pengendara motor tidak mengindahkan hal tersebut. Hasilnya, saat beban terlalu berat per akan tertekan berlebihan yang membuat fungsinya berkurang.


Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa