Boleh Nggak Sih, Mencuci Mesin Mobil?

Donny Apriliananda - Jumat, 2 Februari 2018 | 16:15 WIB
Cara mencuci mesin mobil
Cara mencuci mesin mobil

Otomania.com - Banyak orang mungkin masih ragu ketika akan mencuci mesin mobilnya. Biasanya orang menghubungkannya dengan risiko. Sebab jika salah melakukannya, akibatnya sangat fatal, bisa korslet, atau ada kerusakan.

Pertanyaannya, sebenarnya mencuci mesin itu boleh atau tidak? Area 2 Manager (Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah) Toyota Astra Motor (TAM) Iwan Abdurahman menjelaskan, tidak masalah mencuci mesin mobil, asal caranya tepat.

"Disarankan cuma dilap saja, jangan disemprot menggunakan air. Kalau air langsung disemprot ke daerah mesin, khawatir ada air yang masuk ke soket kelistrikan," ucap Iwan belum lama ini.

(Baca Juga : Perlakuan Salah Ketika Mencuci Mobil Kesayangan)

Jika sudah seperti itu, sangat berbahaya buat mobil itu sendiri atau pemiliknya. "Air di soket tersebut lama kelamaan bisa menjadi jamur dan membuat koneksi listrik menjadi terhambat," ujar Iwan.

Paling bahaya, saat ada korslet, lalu menimbulkan percikan bunga api, ada potensi mesin terbakar. Iwan berpesan, sebaiknya mesin cukup dilap saja. Pastikan semuanya dalam kondisi normal, atau tidak ada bagian yang basah.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : Kompas.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa