Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bahaya Mencuci Motor Ketika Mesin Masih Panas

Stanly Ravel - Kamis, 14 Januari 2016 | 07:45 WIB

Jakarta, Otomania - Selain bahaya terlalu sering mencuci sepeda motor dengan metode steam, ada kebiasaan buruk lain yang tanpa disadari kerap dilakukan, yakni mencuci dalam kondisi mesin serta komponen lainnya masih panas.

Biasanya karena ingin cepat, justru kebiasaan tersebut bisa menimbulkan kerusakan fatal pada komponen sepeda motor.

Pipa besi atau bagian logam pada komponen motor dan air dingin saat akan mencuci merupakan dua hal yang bertentangan. Ketika besi panas langsung terkena air dingin terjadi perubahan suhu yang drastis, hal ini memberikan dampak yang sangat buruk.

"Kasus yang pernah terjadi blok mesin menjadi retak saat tiba-tiba diguyur dengan air ketika kondisi masih sangat panas. Hukum fisika pun menyebutkan saat terjadi perubahan suhu yang secara mendadak bisa membuat terjadinya perubahan, dalam kasus ini besi atau logam yang rusak," papar Ade Rochman Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM) Ade Rochman, ketika dihubungi Otomania, Rabu (13/1/2016).

Menurut Ade, dampaknya memang tidak langsung tapi ketika hal ini dilakukan berulang-ulang. Paling mudah melihat komponen di motor yang lebih cepat rusak akibat mencuci saat kondisi masih panas adalah bagian pipa knalpot. Selain besi yang bisa menguning, untuk model krome juga bisa membuatnya terkelupas.

Dampak buruk lain yang bisa ditimbulkan adalah timbul bercak yang menjadi noda di sekitar mesin. Hal ini terjadi karena kandungan diterjen pada sabun mengering saat melekat ke bidang yang panas.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa