Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Berhenti Di Bahu Jalan Tol, Kalau Tak Mau Celaka

Fedrick Wahyu - Senin, 12 Maret 2018 | 14:03 WIB
Bahu jalan tol masih sering disalahgunakan pengendara
KompasOtomotif
Bahu jalan tol masih sering disalahgunakan pengendara

Otomania.com - Dalam kondisi tertentu bahu jalan tol bisa digunakan, misalnya untuk lewat mobil ambulan, pemadam kebakaran, atau pun mobil yang mogok dan harus berhenti. Tapi hal itu kadang tidak digubris bahkan dilanggar oleh pengguna jalan tol.

Inilah yang diutarakan Pendiri dan Instruktur dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu. Menurutnya, bahu jalan tol sering dipakai menyalip kendaraan lain, dan membuat baju jalan tol menjadi tempat yang berbahaya.

Contonya, pernah ada kasus pengendara yang berhenti di bahu tol tewas ditabrak pengendara lain yang hendak menyalip kendaraan lain lewat bahu jalan tol.

"Pengendara itu menabrak mobil yang sedang berhenti yang ada orang di dalamnya, sehingga orang tersebut meninggal dunia. Ini terjadi karena ada kebiasaan di Indonesia yang menggunakan bahu jalan tol untuk tempat menyalip," kata Jusri dikutip dari Kompas.com, Sabtu (10/3/2018).

(BACA JUGA: Pemerintah Bisa Dituntut Karena Jalan Berlubang, atau Denda Rp 120 Juta)

Jusri pun mengimbau pengguna kendaraan untuk tidak berhenti di jalan tol. Jika mobil mogok, sebisa mungkin keluar dari tol dulu dengan mengontak jasa mobil derek yang disediakan pengelola jalan tol.

Jika memang darurat dan tidak mungkin untuk keluar tol, Jusri menyarankan untuk meletakkan segitiga pengaman atau penanda adanya kendaraan rusak.

Penanda itu juga lebih baik diletakkan 30-50 meter sebelum lokasi kendaraan rusak tersebut serta untuk menyalakan lampu hazard.

Kejadian tragis yang merenggut korban jiwa tersebut karena masih banyak pengemudi yang memacu kencang kendaraannya di jalur paling kiri bahkan bahu jalan. Seharusnya semakin ke kanan jalur maka kecepatan kendaraan seharusnya semakin tinggi, bukan sebaliknya.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa