Mudahnya Bedakan Kampas Rem Asli Vs Palsu Honda BeAT

Fedrick Wahyu - Jumat, 23 Februari 2018 | 18:20 WIB
Cara membedakan kampas rem dari kemasan luarnya
Thio Rizky Yudho
Cara membedakan kampas rem dari kemasan luarnya

Otomania.com - Honda BeAT termasuk skutik paling laris di pasar otomotif Indonesia. Saking banyaknya populasi motor ini di jalanan, tak heran juga diikuti banyaknya suku cadang palsu alias KW di pasaran.

Salah satu spare part KW yang paling gampang ditemui untuk motor ini adalah kampas rem. Lantas bagaimana cara membedakan yang asli dan yang palsu? Kepala Mekanik Big Wing Astra Motor BSD, Kukuh Aristiawan, berbagi tipsnya.

Hal pertama bisa dilihat dari kemasannya. Kampas rem palsu punya kemasan yang sama dengan asli, tapi jika diperhatikan pasti terlihat bedanya. Pada kemasan asli, terdapat hologram dengan bayangan logo HGP dan AHM. Sedangkan yang palsu cuma hologram.

(BACA JUGA: Perhatikan Interval Waktu Penggantian Filter Oli Motor)

Pada kemasan asli juga tertulis PT Astra Honda Motor, lengkap dengan alamatnya, kalau palsu alamat lengkapnya tidak ada. Setelah dilihat dari kemasannya, bisa juga dilihat dari material kampasnya.

"Dua hal yang paling mudah membedakannya, pertama dari tekstur kampasnya. Biasanya yang asli, permukaannya lebih halus dan yang palsu permukaannya kasar. Bahan kampas remnya juga beda," lanjut Kukuh.

Ilustrasi kampas rem
Fadhliansyah
Ilustrasi kampas rem

Lalu yang kedua, kata Kukuh, biasanya yang palsu kampasnya lebih keras dibandingkan yang asli. Cara ceknya, bisa dicongkel pakai obeng, tapi bukan berarti yang asli bakal lebih cepat habis kampasnya karena lebih empuk.

(BACA JUGA: Perlukah Ganti Oli Kalau Motor Lama Nganggur?)

"Justru kampas yang asli kalau panas teksturnya malah jadi kuat dan pakem. Sedangkan yang palsu kena panas malah 'memakan' disc brake-nya, bukan malah pakem," terang Kukuh.

Biasanya, kampas rem Honda BeAT palsu terbuat dari asbestos dengan tekstur rapuh serta tidak mengandung tembaga. Kalau kampas rem yang asli, bahan pembuatnya adalah material non asbestos, dengan tekstur padan dan mengandung tembaga.

Pada kampas rem asli terdapat kode produksi
Fadhliansyah
Pada kampas rem asli terdapat kode produksi

Lalu, bisa juga dilihat dari bagian belakang kampas rem, jika ada kode produksi maka itu adalah yang asli. Harga pun juga tak bisa menipu, untuk kampas rem Honda BeAT asli, harganya sekitar Rp 51 ribu, dan yang palsu sekitar Rp 15-20 ribu.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa