Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penting, Ban "Ngedonat" Selevel Bahayanya dengan Ban Cacing

Fedrick Wahyu - Selasa, 20 Februari 2018 | 13:30 WIB
Bahaya ban 'ngedonat' sama seperti ban cacing
ridergalau.com
Bahaya ban 'ngedonat' sama seperti ban cacing

Otomania.com - Ukuran ban yang besar memang membuat motor terkesan lebih kuat dan kekar. Meski begitu jangan sampai tidak sesuai dengan ukuran pelek.

Pasalnya, pemakaian ukuran ban yang tak sesuai dengan ukuran pelek bisa membuat ban terlihat membulat alias 'ngedonat'. Usut punya usut, ketika ban sudah "terpaksa" jadi "donat", bahayanya hampir sama seperti ban cacing.

"Hal ini menyebabkan enggak semua tapak ban menyentuh jalanan," ujar Aldrin, owner Rumah Ban Motor di Lebak Bulus, Jakarta Selatan (19/02/2018) dikutip dari GridOto.com.

(BACA JUGA: Solusi Baru Pasang Alarm Motor, Biaya Murah Tak Sampai Rp 10.000)

Padahal saat bermanuver motor sangat membutuhkan traksi dari ban. Misalnya, ketika sedang berbelok, ban ngedonat bisa kehilangan traksi.

Menurut Aldrin ketika ban kehilangan traksi itulah yang membuat ban 'ngedonat' berpotensi membahayakan sama seperti ban cacing. "Tapak ban menyentuh jalanan sedikit, bisa bikin terpeleset dan jatuh," tambahnya.

Kondisi ban standar seharusnya sudah diperkirakan aman dipakai, karena sudah dihitung benar oleh pabrikan. Ketika mengganti pelek, ukuran ban pun harus diperhatikan.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa