Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perlukah Ganti Oli Kalau Motor Lama Nganggur?

Fedrick Wahyu - Kamis, 22 Februari 2018 | 18:08 WIB
Proses penggantian oli mesin
Thio Pahlevi
Proses penggantian oli mesin

Otomania.com - Sudah sewajarnya oli motor diganti secara berkala demi menjaga kondisi mesin selalu prima. Namun, yang jadi pertanyaan, kalau motor tidak digunakan karena ditinggal untuk waktu yang lama semisal mudik atau dinas luar kota, perlukah diganti oli dulu sebelum dipakai?

"Sebaiknya sih diganti dulu olinya. Tapi sebenarnya tergantung interval penggantian oli terakhirnya kapan. Kalau masih belum lama, tidak apa-apa kalau motor mau langsung dipakai," buka Kukuh Aristiawan, Kepala Mekanik Big Wing Astra Motor BSD.

Kukuh pun memberikan perumpamaan interval penggantian oli tersebut. Agak rumit kalau diminta menghitung, tapi ini penting.

"Kalau misalnya batas waktu pemakaian oli bisa sampai 6 bulan, sedangkan kita ganti oli 2 bulan lalu, kemudian motor tak dipakai selama 2 bulan, totalnya kan baru 4 bulan sejak penggantian oli terakhir. Jadi mau dipakai sampai 2 bulan lagi pun tidak apa," jelasnya.

(BACA JUGA: Perhatikan Interval Waktu Penggantian Filter Oli Motor)

Tapi kukuh menyarankan agar mengganti oli dulu jika sudah tahu, motor akan tidak dipakai dalam jangka waktu lama.

"Sebenarnya lebih enak kalau sebelum ditinggal, olinya diganti dulu, agar nanti motor bisa langsung dipakai, tapi tentunya harus sudah tahu akan berapa lama ditinggal," ucap Kukuh.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa