Susahnya Bersihkan Interior Mobil yang Terendam Banjir

Fedrick Wahyu - Kamis, 8 Februari 2018 | 16:40 WIB
Mobil terendam banjir
GridOto.com
Mobil terendam banjir

Otomania.com - Banjir banyak memberikan dampak negatif bagi kendaraan. Tak hanya sektor mesin, bahkan interior mobil pun tak luput dari jangkauan air kotor yang akan sangat sulit untuk membersihkannya.

Kotoran seperti lumpur bisa mengendap pada lantai, karpet, jok bahkan dashboard. Jika interior mobil sudah sangat parah kotornya, proses pembersihan pun semakin sulit. Tak jarang juga meninggalkan bau tak sedap di dalam kabin.

Bengkel-bengkel resmi biasanya hanya melayani perbaikan mesin, tapi tak melayani jasa pembersihan interior jika kondisinya sudah parah.

Deni Andrian, Service Manager Auto2000 Depok mengatakan bahwa pembersihan interior oleh bengkelnya hanya pada bagian karpet, tidak menyeluruh ke bagian lain, seperti jok

"Jok yang kondisinya sudah terlalu kotor harus dibongkar dan membutuhkan waktu khusus untuk membersihkannya," kata Deni.

(BACA JUGA: Banjir Bisa Jadi Musuh Utama ECU Mobil, Waspadalah!)

Dia pun menyarankan agar membawa mobil ke jasa cuci mobil yang bisa melayani pembersihan mobil secara menyeluruh atau car detailing.

Hidayatma, owner Qals Auto Care mengatakan, butuh waktu sekitar seminggu untuk membersihkan interior mobil yang terendam banjir. Saat proses pembersihan, seluruh jok mobil akan dibongkar.

Ilustrasi interior mobil
Ilustrasi interior mobil

"Kalau sudah kotor semua karena terendam harus dibongkar semua, termasuk seluruh jok," kata Adit saat ditemui di bengkelnya di Jalan Raya Sawangan, Pancoran Mas, Depok, Rabu (7/2/2018) dikutip dari KompasOtomotif.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : KompasOtomotif

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa